Pas sante-sante riding sepulang dari Agent melewati jalanan Kota denpasar yang pada waktu sore nggak begitu macet, kejadian yang mengejutkan terjadi motor tunggangan SLR si Mimin Biru. Ngeeeeng…. masuk gigi.. ces… jledug…. Loooh kok masuk gigi motornya loncat-loncat. Baru ditarik-tarik… Yaaaah… tali koplingnya ternyata putuuus.  Wadoooh…. padahal perjalanan masih jauh dan juga hari sudah menunjukkan jam 6 sore, mana ada bengkel yang buka.

Terpaksa jalan singkatpun dilakuin byar nyampe rumah, riding kayak motoGp… he he he… MotoGp waktu trek lurus kan ga pake narik tuas kopling, jadi just masuk gigi.  Disinilah SLR mau berbagi pengalaman bagaimana riding kala darurat tanfa mengoperasikan kopling, kala masuk gigi sendiri usahakan jaga bukaan gas. Diusahakan saat perpindahan gigi gas ditutup dan diputar secara berlahan supaya motornya ga ajrut2an. Kemudian di saat oper gigi ke gigi yang lebih rendah usahakan turunkan speed agar Rpm juga mau turun..trus tahan gas agar tidak begitu drop keras, pencet tuas persneng. Nah yang paling gawat tuh kala menjumpai lampu merah… sudah pasti terpaksa berhentikan..!!! Usahakan Netralkan gigi kala motor masih melaju lalu berhenti, dan ketika akan mulai berjalan kembali… Dorong dulu motor sampai 5-10kph, jaga Rpm agar tidak terlalu tinggi atau rendah dan kemudian masukkan gigi satu…dua … seterusnya.

Semuga pengalaman SLR ini berguna bagi braders semua pada khususnya bagi rider yang motornya memakai kopling manual, dan semoga saja braders tidak mengalami ini juga kala riding.

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

24 responses »

  1. Iwan mengatakan:

    Hore..

  2. boerhunt mengatakan:

    nice tips bli..

    nitip bli..
    mohon dukungannya siapa tau ada yg punya akses untuk memberikan masukan, namun jika yg saya tulis ada kesalahan, mohon dikoreksi
    http://boerhunt.wordpress.com/2011/10/26/parkir-khusus-wanita-motormobil-moge-dan-sepeda-ada-kenapa-untuk-penyandang-keterbatasan-dissability-person-bermotor-tidak-ada/

  3. M.R mengatakan:

    tapi prakteknya susah
    pernah ngalami, vespa lagi

  4. Bintang mengatakan:

    Susah bro . . . mendingan angkut motornya pake mobil bak.

  5. B M W ♣ mengatakan:

    wah kasihan mesinya dong mas

  6. ardiantoyugo mengatakan:

    ada kelemahannya gak?

  7. bola-bali nunggang win, paling jengkel nek ketemu angkot ngetem ./ berhenti mendadak

  8. Nabra mengatakan:

    Wah bahaya bli, kalo tiba2 mesin mati, bisa diseruduk kendaraan di belakang

  9. Mantap tenan…Nice Info Bro

  10. gcm mengatakan:

    dorong 5-10 kph… kalo tanjakan gimana bli? puter balik dulu?

  11. Juragan Monyet mengatakan:

    ini mah tergantung oom..
    kalo mesinnya udah pake wet clutch sih okay… bangsa vixion juga udah.. :p
    tapi kalo dry clutch, ampe botak juga bakalan ribet bikin kaya gitu, soalnya clutchless shifting itu ga bisa di semua karakter mesin motor CMIIW

    • abangdolly mengatakan:

      motogp dry clutch. ducati dry clutch. dan semuanya bisa clutchless shifting. malah ada diajarin di youtube.

      intinya, komponen mesin sekarang lebih bagus sehingga tahan dipake clutchless shifting.

  12. Abu Tanisha mengatakan:

    sudah pernah, kala itu pake yamaha l2 super hehehe

  13. bboykomunity mengatakan:

    thanks infonya masbro
    kalo pas jalan gue juga sering oper gigi gak pencet tuas kopling
    emang c ada kurang enak tapi gak begitu bersa
    tapi kalu oper ke gigi rndah kurng enk jadi jarng opr k gigi rndah tnpa pncet kopling

  14. si oom mengatakan:

    untung ga pake kabel kopling:mrgreen:

  15. warung DOHC mengatakan:

    yang paling syusehh , ketemu masalah beginian pada motor sport ber torque badak dan ber bobot ! #lirik thunder 250 coba mas bro bakalan lonjak2 tuh shifting netral ke gear 1-2

    #1 lagi bener kata pakde #vespa syuseh kalo putus:mrgreen:

  16. Marwoto Oto mengatakan:

    Pernah pengalaman wkt pake megapro tali kopling putus, akhirnya cari tali plastik buat gantiin tali kopling sementara.:mrgreen:

  17. Arangga mengatakan:

    Make Megelli yah bli? gw jg sering tuh ngerasain koplingnya bermasalah(slip), terutama klo lg macet dan motor uda agak panas.. Untungnya ga pernah ampe putus di jln. Tp dulu make thunder 250 sama aja masalahnya. Ada faktor dari cocok2an oli jg kali yah..??
    Salam kenal bli..

  18. “MotoGp waktu trek lurus kan ga pake narik tuas kopling, jadi just masuk gigi.”
    itu mksudnya gmn bro? kalo mau oper gigi ke lebig tinggi ngga pake tarik tuas kopling gt maksutnya?
    emang bisa ya?? ngga nyendat?? (ane nyubi masalah motor hhe ^^)

  19. New Mx Pro Rider mengatakan:

    Klo New Mx dgituin ngaruh parah gak?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s