semua biker pasti tau dengan YZR-M1, yang membawa rossi dan lorenso menjadi juara dunia, yang sungguh hebat kala diajak rebahan, yang lemot kala ditrek lurus….bcanda….. he he he…!!! mari kita bahas kehebatan YZR-m1 kala petama kali diturunkan sampai sekarang menjadikannya motor paling berjaya,
tahun 2002-2003
tahun 2002 merupakan tahun dimana mesin 4tak 990cc diturunkan sebagai pengganti dari kelas lama yang melombakan mesin 2tak 500cc. pada waktu itu,mesin 4 tak dan 2tak sama-sama diturunkan dalam satu gelanggang. yamaha sendiri menurunkan mesin 4 silinder segarisnya, menggantikan V-4 500cc. mesin baru ini diberi nama YZR-M1, M1’nya sendiri singkatan dari mission one. memakai swing arm pendek menjadikan m1 pada waktu itu memiliki wheelbase terpendek, dengan harapan menjadikan motor lincah kala diajak menikung. pernah kala musim 2003 berlanjut,yamaha melakukan perubahan gila dengan memasang shoch stereo… jadi 2 buah shoch… gila ga tuh, masak motoGp pake shock stereo. Pembalapnya saat itu adalah Max biagi dan carlos checa(2002), biagipun hanya meraih dua kemenangan. beda dengan tahun berikutnya, tidak satupun kemenangan yang dapat diperoleh oleh pabrikan ini.
tahun 2004-2005,
rossi masuk ke yamaha sebagai pengganti dari max biagi, kontraknya saat itu diperkirakan senilai 6 juta dolar amerika per musimnya. perdebatan besar terjadi saat itu, karena kepindahan rossi sangat kontropersial, sebelum menanda tangani kontrak antara rossi dengan yamaha,semua orang tidak mengetahui rencana rossi untuk pindah ke yamaha kecuali jeremi burges dan dirinya rossi. selain itu pers saat itu meramalkan rossi tidak akan berjaya memakai yamaha, mengingat yamaha dimusim sebelumnya sungguh sangat terseok-seok. rossi dan burgest kala itu dibilang sebagai penghianat/pembelot karena kepergiannya tanfa membicarakannya sebelumnya, hondapun ikut mencemo0hnya bahwa rossi tidak akan bisa menggapai tanfa kehebatan dari mesin honda. akan tetapi rossi membuktikannya dengan menjadi juara 1 saat seri pertamanya dan menjadikan dirinya juara dunia untuk tahun 2004. pembuktian bahwa dirinya menjadi juara selama ini bukanlah dikarenakan kekncangan motor,tapi karena kehebatan dari seorang rossi. Di musim 2004/2005 ini yamaha bersama rossi-burgess memperbaiki berbagai hal kekurangan dari M1, seperti geometri rangkanya. burgess menilai rangka pemegang mesin yamaha tidak terlalu bagus, mesin M1 terlihat menggantung di rangka”tidak menyatu”, burgess saat itu memanjangkan pegangan mesin bagian depannya sehingga rangka M1 sekarang terlihat memeluk mesin bukan menggantung mesin. konfigurasi klep diganti menjadi 4 buah dalam persilindernya yang dulu 5 buah klep per silinder, mengubah sistem pengapian dari standar menjadi long-bang dengan derajat pengapian 270-180-90-180, sehingga mesin inline 4 silindernya ini berpower seperti mesin V-4. menjadikan YZ-M1 sebagai penguasa di tahun 2005.
tahun 2006
merupakan tahun yang sangat buruk bagi yamaha, juara demi juara terlepas, m1 tidak seperti tahun sebelumnya yang mendominasi. permasalahannya terdapat dalam tiga aspek, power, chasis, dan ban. pada 2006 ini power dari yamaha bisa dibilang merupakan setara bahkan lebih dari honda, yang membuat yamaha serasa kelebihan power. chasis’nya terasa kaku, dan perubahan ekstrem pada ban michelin. tiga perubahan ini dilakukan secara bersamaan, sehingga efek yang ditimbulkan sungguh besar. sudah power besar,chasis ga nurut, bannya geal-geol lagi… hancuuur. nicky hayden pun menjadi juara dunia.
tahun 2007
tahun dimana terjadi perubahan dari kapasitas mesin motoGP dari yang sebelumnya 990cc menjadi 800cc. disebabkan oleh kecepatan dari motogp sebelumnya bisa melebihi 340k/j. selain melakukan perubahan pada mesin, yamaha juga melakukan pengembangan pada pengereman, chasis yang lebih baik, sehingga roda belakang mendapatkan traksi yang lebih baik. yamaha 2007 diharapkan dapat kembali kompetitip.
tahun 2008-2010
yamaha menjadi baprikan yang paling berjaya di motoGp, dibekali mesin M1 dengan kekuatannya yang lembut tapi menggigit… mengahntarkan kembali rossi menjadi juara dunia. sampai sekarangpun yamaha masih tetap berjaya dengan kemenangan terakhir lorenso. Ada satu yang menghantar yamaha menjadi sukses dengan mesinnya, yaitu kesetiaannya dengan sistem pengapian big-bang/long-bang….
Specifications
Yamaha YZR-M1 (2010) Specifications | |
---|---|
Engine | |
Engine type: | Liquid-cooled, in-line, 4-cylinder, 4-stroke with 16-valve DOHC |
Displacement: | 800 cc |
Ignition: | Magneti Marelli with adjustable mapping – NGK spark plugs |
Fuel System: | Fuel injection |
Lubrication system: | Wet sump – Motul Oils |
Data recording: | 2D |
Maximum power: | Around 147kW (200 bhp) |
Maximum speed: | In excess of 360 km/h (220.1mph) |
Transmission | |
Type: | 6-speed cassette-type gearbox, with alternative gear ratios available |
Primary drive: | Gear |
Clutch: | Dry multi-plate slipper clutch |
Final drive: | Chain |
Chassis and running gear | |
Frame type: | Twin-tube aluminium delta box frame, multi-adjustable steering geometry, wheelbase, ride height, with aluminium swingarm |
Front suspension: | Fully-adjustable Öhlins inverted telescopic forks |
Rear suspension: | Braced aluminium swingarm with single Öhlins shock and rising-rate linkage |
Front/rear wheels: | 16.5 inch front, 16.5 inch rear, available in a variety of rim widths |
Front/rear tyres: | Bridgestone slicks, intermediates, wets or hand-cut tyres. 16.5 inch front, 16.5 inch rear |
Front brake: | Twin 320 mm carbon discs with radial mounted four-piston Brembo calipers |
Rear Brake: | Single 220 mm ventilated stainless steel disc with twin-piston Brembo caliper |
Weight: | 148 kg, in accordance with FIM regulations |
Fuel capacity: | 21 litres, in accordance with FIM regulations |
ingat, mesin M1 tidaklah murni inline 4 silinder, dengan pengapian long-bangnya M1 serasa berpower mesin V4. jadi inilah kepintaran yamaha, tapi bagaimana dengan tahun berikutnya, akankah mission one akan kembali berjaya, atau menjadi runtuh…. kita tunggu aksi selanjutnya……
Btw, namanya kaya judul lagu dangdut sih bro
Jana…jana..engkaulah gadis impian… jana..jana.. engkaulah gadis pujaan…. (Lagunya Mansur S)
Pertamax kah?
ya terkenal dong mas…. artis gitu… he he he….. 🙂 😀 :p
mantab banget artikele.. toplah
Hmmm tapi di bilang lorenzo serasa motor 250cc kikikikik
yup rider & tunggangan harus adaptasi…. mesin tertentu cocok buat rider tertentu pula (gaya)
Powernya emang sgtu Bro ya?
itukan powe m1 800cc petama kali diturunin mas…. n itu bkan hp tapi bhp….
Share artikel serupa, Yamaha YZR500 dari masa ke masa
Jadi tau sejarahnya, makasih gan..sekali sekali… Sejarah ninja R 150 dong. Hehehehe
oc masbro….
menyimak 😆
btw tu rangka ada cradle ke bawah yg memeluk mesin, mirip paijo ku 😆 selain mesin digantung oleh twin frame delta box, juga di topang cradle dari depan dibelakag radiator
sekarang ditinggal rossi gimn prediksinya bro?
klo ane sih mgkn msh bisa bersaing,tp pas begitu era kembali ke1000cc rada2 gimn gitu…
mungkin gregetnya tahun ini tidak sebegitu meriah tahun lalu, sponsor ga ada, ahli seting ga ada, mekanik handal kurang….. gimana jadinya…. semua udah tau…!!!!
betul tp settingan tahun lalu kan msh kesave bro…sitoner keknya yg smakin didepan..hehehe..