part super

tulisan yang lalu kita membahas begitu dahsyatnya power dari mesin nitro’nya mobil RC, dengan hanya 3.5cc dapat memproduksi power sebesar 2.5hp….bahkan Rpmnya bisa ampe 40.000 segala”dimesin tertentu”… dahzyat ga tuh…

apa ya rahasia mesin ini, bisa ga diterapin ke motor produksi masal macam ninja yang sama-sama 2tak ga?? mari kita telusuri satu persatu. mesin yang saya bahas skarang adalah tipe cox engine model, sbb:

mesin, memakai mesin yang berjenis 2tak pada umumnya, namun berbeda pada sistem penyalaan pembakarannya, jika di motor 2 tak biasa sistem penyalaannya masih memakai busi sebagai pemicunya, akan tetapi di mesin nitro sistemnya beda, bisa dibilang mesin nitro adalah gabungan mesin 2tak dan mesin diesel, di mesin diesel tidak lagi memakai busi dalam sistem penyalaanya. memang terdapat busi, namun busi disini tidaklah berpungsi seperti busi umum yang penyalaanya dikontrol CDI. busi di mesin nitro hanya berfungsi sebagai pemanas mesin saat pertama kali start saja”pemanas” busi ini bisa juga disebut dengan glow-plug. sistem pemasukan bahan-bakarnya sendiri sungguh sangat sederhana, dikendalikan oleh sebuah needle-valve yang akan membuka/menutup untuk menambah/mengurangi asupan bahan-bakar. campuran bahan-bakar masuk melalui reed valve/rotary valve yang bisa dibilang sama kayak motor 2tak kebanyakan.

silinder,

berbagai tipe lubang transfer

memakai metal kelas wahid “dirahasiakan bahan metalnya oleh pabrikan cox” yang tahan terhadap gesekan di kecepatan tinggi, desain sirip pendinginnya sendiri berbeda dengan motor 2tak biasa, siripnya sangatlah lebar dan besar-besar melabihi penampang silindernya sendiri, berguna untuk melepas panas yang dihasilkan oleh kecepatan yang sangat tinggi. Di motor harian pemasangan kepala silinder dipanteng dengan 4 buah baut, beda dengan di mesin nitro ini, di silindernya yerdapat ulir di bagian atas silindernya. artinya silinder sebagai murnya dan head sebagai baut pengencangnya.  Di silinder inilah rahasia mesin 2tak terdapat, dengan berbagai bentuk dari lubang transfer yang memberikan asupan pada mesin.

seher, memakai seher dengan bahan  light alloy memberikan daya tahan yang tinggi terhadap panas, namun dengan bobot yang sangat ringan, membawa mesin siap berputar dengan kecepatan tinggi tanfa terjadinya gejala jebol. selain itu dilapisi juga dengan tembaga pada bagian atas dan dalamnya, yang anehnya piston tidak lagi di crome.

kruk-as, tidakla ada yang istimewa di benda ini, terlihat sama seperti motor 2tak biasa, mungkin yang membedakan dari segi bobot dan keseimbangan.

glow-head,

glow-plug

benda ini berfungsi sebagai pemanas dari mesin dan juga merangkap sebagai kepala silinder, tempat terjadinya pembakaran di mesin. jadi head dan glow plug menjadi kesatuan.

bahan-bakar,

bahan bakar nitro

nah disinilah rahasianya mesin nitro, bahan bakarnya sendiri terdiri dari tiga campuran, terdiri dari metanol, nitro, dan castor oil. untuk spek racingnya memakai campuran 50% metanol, 30% nitro metane, dan 20% castor oil. castor oil ini sendiri merupakan sebagai pelumas. mari kita bandingkan dengan bahan bakar yang dipakai di road-race, memakai racing fuel/bensol kompresinya bisa mencapai 16:1(motornya hendriansyah saat di suzuki). itu dengan bensol, gimana dengan yang Nitro?? kompresinya sendiri bisa ampe 20:1….. wwaaaaooow….

gimana dengan motor harian??? bisa ga diubah seperti itu?? bisa….. buktinya udah ada klik, syaratnya sbb:

yang sudah diterapkan pada mesin umum

mesin yang dipakai, usahakan pilih mesin yang langkah silindernya paling pendek, guna mengurangi gesekan yang terjadi dan juga berhubungan dengan piston speed klik, semakin pendek langkah silinder, semakin tinggi Rpm yang dapat dicapai.

seher, karena proyek ini tidaklah murah, ya tentu sehernya tidak lagi memakai yang biasa, bisa dipesan ke izumi dengan spek ringan dan kuat digebuk kompresi tinggi.

boring, memakai boring khusus, jika bisa pakai boring kepunyaan mesin diesel, kan kompresinya juga tinggi. jadi ga mudah seret kala seher naik turun dengan kecepatan tinggi.

kruk-as, lakukan balancing pada kruk-as mencapai titik 0, tidak boleh sampai ada ketidak balance pada kruk-as, karena nyawanya mesin ada disini, seimbangnya mesin tergantung dari kruk-as. pastikan kekuatan kruk-as pada big-end’nya, sehingga kemungkinan kruk-as melintir tidak terjadi.

bearing, diharuskan memakai bearing/laher yang memiliki klasifikasi hi-speed, guna mendukung putaran mesin yang tinggi.

kepala silinder, inilah nyawa sistem pembakaran dari mesin, mengubah mesin 2tak ke nitro berarti mengubah sistem pembakarannya tidak lagi memakai busi, tetapi memakai glow-plug, glow-plugnya sendiri bisa memakai punyanya mesin diesel. lakukan pemapasan pada kepala silinder guna mendapatkan kompresi yang sangat tinggi.

pada poinnya yang amu mengubah mesinnya/yang amu meriset, siap-siap aja merogok kocek yang tinggi… apa yang ga bisa didunia ini asalkan ada kemauan…. let’s riset…..

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

8 responses »

  1. badboy mengatakan:

    1#

  2. Triyanto Banyumasan mengatakan:

    Kereeeeeeen… motor apa yang dah ditest pakai nitro ini bro..?

  3. ARIS mengatakan:

    terus numoang tanya kalo cara membuat bahan bakar nitro sec ara sederhana itu caranya gimana yaha….???Bales………

    • j4na mengatakan:

      percuma BBMnya nitro kalo kompresi dan kualitas bahan mesinnya rendah bro…. mesin dengan spek nitro ntuh kompresinya diatas 16:1 bro…. BBm nitro sendiri terbuat dari alkohol…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s