pada kejuaraan dunia 1961 dan 1962 honda mengalami kegagalan dalam menjuarai kejuaraan, yang telah direbut suzuki dengan mesin 2taknya. honda sebelumnya memakai mesin 2 silinder 125cc, honda pun berpikir untuk kembali merebut juara dengan mesin 4taknya. gimana duong caranya agar bisa melawan 2tak dengan cc yang sama, honda memutuskan meninggalkan 2 silindernya dan membuat kembali mesin 4 silinder 125cc 4 tak. bisa dibayangkan, 125 cc 4 silinder, jadi persilinder kapasitas mesinnya hanya 33.25cc….imut….
2RC146 merupakan seri pengembangan dari seri terdahulunya, namun tidak begitu banyak pengembangan yang terlihat. mesin ini memiliki 4 buah klep per silindernya, jadi jika dijumlahkan menjadi 16 klep dalam satu mesinnya. apa artinya ini dong, merupakan mesin 4 silinder 125cc dengan jumlah klep terbanyak dan juga jumlah silindernya yang terbanyak juga dalam sejarah permotoran. jika dibandingin dengan motor jaman sekarang yang sudah injeksi pun motor ini tetap menang, dan mungkin sampai bumi ini lenyappun ga ada orang yang mau bikin mesin kayak gini. power yang mampu dikeluarkan dari mesin 125cc ini bisa dibilang edan, ninja 250r pun kesalip(maaf), powernya mencapai 27ps@17.000rpm….waoooow.
sekarang kita bandingkan dengan motor 2taknya suzuki tahun 1963 (RT63) cuma 25.5ps…. padahal 2tak twin bro..!!!
berikut spesifikasinya:
Motorcycle: Honda 125 2 RC 146 Manufacturer: Honda Motor Co. Ltd.,
Tokyo Type: Racing Year: 1965
Engine: Honda four-cylinder, four-stroke, with two-shaft overhead geared distribution and four valves per cylinder. Displacement 123.1 cc. (35 mm. X 32 mm.)
Cooling: Air
Transmission: Eight-speed block Power: 27ps. at 17,000 r.p.m. Maximum speed: Over 200kph. Chassis: Double cradle above, tubular,
engine suspended. Front and rear,
telescopic suspension Brakes: Front, central drum, four-cam;
rear, central drum, double cam
pakai pertamax 7500
pertamax g y
permium aja lah
tahun segitu orang luar aja sudah ngacir… kita masih naik onthel yah 🙂
ha ha ha……
kita pakai gledegan, tapi gagahan pakai kuda beneran, ga perlu jalan aspal
bner mas…. orang satuan tenaga aja pake kuda, baikan naikin aja tenaganya langsung kuda gitu…. ha ha ha
HONDA memang joss
ada tapinya bro….. tapi yang sekarang nyari save aja…. CBR250R buktinya…..
padahal mekanik honda pinter-pinter…..
WOW sejak dulu Honda meng telah menciptakan tehnologi-tehnologi yang luar biasa. Honda memang mantab…….
salut bro…
ditunggu part 3 nya
pasti ada kan?
ooooh pasti mas….. thanks…..
pasti biaya R n D dari honda buesarrr..makanya dengan mudah bisa ngembangin mesin yang ruarrrrr biasaaa….
gila,salut buat honda,penginspirasi pabrikan lain untuk maju,dan banyak ditiru,gila,salut ma honda
Hmmm, torsi mesin nya keknya rendah tuh, jadi maen 8 speed girbox. Pembalapnya apa ngga pegel2 ya? Naek turunin 8 gigi n maen kopling jaga RPM tinggi terus.
emang mas…..smakin kecil torsi,sbernarnya smakin banyak persneling yang diperluin alasannya agar tidak terjadi penurunan rpm yang terlalu banyak.
Mekanik honda jadul lebih mantap y kang, ckckckck
nitip dagangan kang, bwt yg mw belajar usaha mampir2 kesini ya:
http://www.belajarberbisnis.com
lumayan bwt nambah2 DP motor baru 😀
beda ma yang skarang…. pinternya cuma main aman aja…. save lah ekonomislah…. ngeles aja….
please…..
Widihhh…gile…
sangar camshaft nya kayak terpisah gitu 😆
edan !
terpisah, tapi timing chainnya da ditengah-tengah …….
ngeri……..kok rumput2 gtu sich…kaya abis ngapain aja…..
imut banget mesinnya om 😀
Jadwal MotoGP 2011
http://motorkencang.wordpress.com/2011/01/07/jadwal-motogp-2011-cekidot-gaaan/
gile yak beli..
Kenceng segitu gak pke cakram..
Apa tak nyungsep yak?.
Ogut pke vario aja yg dpan nya cakram..
Hampir sering nyungsepp..
(he,dmen late breaking..)
apa lagee ne yahh..
itulah edannya pembalap dan mekanik tempoe doeloe….. gila….
> j4na
Januari 7th, 2011 at 1:56 pm
terpisah, tapi timing chainnya da ditengah-tengah …….
====================================================
iya bli, tuh kelihatan case timing chain nya separuh lingkaran di belakang socket spark plug
jadi penyaluran gerakan berikutnya melalui reduksi gear yang menuju ke cam shaft!
artinya menggabungkan 2 tipe timing sistem…. chain dan gear…. 🙂
motor2 sekarang culun
Gw yakin kok sama mesin 4 tak lawas Honda. Era th 90an org bilang mesin suzuki RGR 150 udah dibilang paling canggih paling Kencang ternyata di trek Balap Liar Monas thn 1995 RGR 150 terbaru ‘tumbang’ juga sama GL Pro thn 90 punya gw, padahal cc nya cuma 145 Cc …….. hehehehe