merupakan generasi yang mengubek-ubek kejayaan ducati, generasi yang berhasil membawa pembalapnya tuk menguasai jagat persupebike’an, dan merupakan generasi RC-series yang paling terkenal yang dapat dimiliki setiap orang yang punya uang.
Di RC sebelumnya yang turun di Superbike masih mengandalkan mesin V4,750cc, berbeda 250cc dibanding kontestan V-twin ducati yang merajalela. Tidak tinggal diam, honda dengan HRCnya kembali meriset mesin baru yang sangat berbeda dengan generasi sebelumnya, tepat pada tahun 2000 tahun milenium, honda meluncurkan generasi penantang ducati dengan kode RC51 atau nama kerennya VTR1000(eropa) RVT1000R(amric), dengan kapasitas mesin 1000cc V-twin yang artinya sama dengan kapasitas mesin ducati, head dengan katup DOHC, 4 klep persilindernya, disisi karburasi dicangkokkan sistem injeksi.
apa hasilnya dengan perubahan besar ini..??? colin edward yang sekarang membela yamaha satelit, berhasil menjadi juara dunia bersama honda castrol di tahun 2001. Tidak hanya itu saja, di tahun berikutnya kembali RC51 merebut titel juara dunia, ducatipun harus mengakui kehebatan honda. Dilain tempat namun dengan jenis motor yang sama, di amrik sono, Nicky Hayden berhasil menjadi juara dunia di AMA superbike.
kembali ke RC51, generasi pertama RC51 diberi nama imbuhan SP1dan generasi keduanya diberi imbuhan SP2, dengan beberapa pengembangan dari generasi SP1. seperti peningkatan power sebesar 4bhp dan pemotongan berat sampai 5kg. powernya sendiri sebesar 133bhp dan topspeed 270kph
Hingga pada akhirnya di tahun 2003, regulasi superbike yang mengijinkan pemakaian mesin 1000cc 4 silinder dalam superbike,RC51 pun digantikan dengan CBR1000RR, secara resmi RC51 diberhwntikan dari dunia balap, dan diakhiri dengan pelaunchingan edisi spesial nicky hayden.
berikut speknya:
Manufacturer | Honda |
---|---|
Also called | RVT1000R VTR1000SP1 VTR1000SP2 |
Production | 2000 – 2006 |
Predecessor | RVF750 RC45 |
Successor | CBR1000RR |
Class | super bike |
Engine | 999 cm3 liquid-cooled 90° V-twin |
Transmission | close-ratio six-speed |
Wheelbase | 55.9 inches |
Seat height | 32.5 inches |
Weight | 439 pounds (dry) |
Fuel capacity | 4.8 gallons, including 1.2 gallon reserve |
Related | VTR1000F “Super Hawk” |
pertamax di sikat
premium di embat
oplosan di lelang
4
5
5 besar entek
mantab terus
http://triyantobanyumasan.wordpress.com/2011/01/20/suzuki-fxr-where-are-you-i-miss-you/#comment-2286
ada 2 type kalo gak salah.full dan half fairing.versi naked swing arm bertumpu di mesin .bukan dirangka.yg versi full seperti foto diatas.kalo gak salah yg naked disebut juga NTR1000
ralat bro.ternyata gak ada tuh ntr1000
ga pa2 mas bro…. brarti mas bro ini penasarannya besar banget,,… saya salu ma mas dody….
tapi emang bener .yg half fairing .frame/rangkanya beda
Motor eksotis nih bro, langka 😀