bro udah taukan yang dinamakan cakram floating, cakram yang dipakai di kejuaraan dunia. kalo disini paling terkenal punyanya TZM, pegangan cakram/tubuh bagian dalam tidak langsing tersambung ke daun cakram, yang disatukan oleh beberapa cincing/ring. apasih tujuan/maksud floating dish ini??
jika ngomongin cakram floating, maka tak terlepas dari piranti penjepitnya,yaitu kalipernya. di motor-motor kelas dunia pasangan cakram floating merupakan kaliper radial, yang dikedua sisinya terdapat piston sebagai penekan, tidak peduli akan 2 piston kah, 4 piston kah, atau 6 piston sekalian, yang terpenting dikedua sisinya terdapat piston. beda ma kaliper motor harian indonesia sini yang pistonnya hanya sebelah.
antara cakram floating dan kaliper radial sebenarnya saling membutuhkan. bro pernah perhatikan ga, di kaliper radial, badan kalipernya langsung terkunci ke bodi shock depan, tanfa piranti as yang memberikan kaliper kelenturan bergerak kekiri-kekanan seperti kaliper motor umumnya. karena dibaut matinya ini dibutuhkan cakram yang pleksibel atau bisa bergerak kekiri atau kekanan. Bisa dibilang, cakram mau menuruti kemana kehendak kaliper bergeser.
gimana dengan motor lokal yang pasang cakram macam TZM dengan kaliper biasa?? coba kita telusuri dulu, pada motor lokal kalipernya masih bertife fleksibel dengan piston yang cuma sebelah aja, plus dikasi cakram floating yang fleksibel juga, gimana akibatnya…?? rem akan terlalu fleksibel, efeknya saat di rem keras, roda depan serasa bergetar. dikarenakan terlalu fleksibelnya rem”cakram dan kaliper”
so, jika untuk motor harian indonesia yang berCC kecil, efeknya sebenarnya terasa kecil, lain hal jika dipakai untuk adu kebut…ya sungguh terasa..!! sebaiknya cakram floating ditemani dengan kaliper yang kaku, macam kaliper radial….
mungkin info saya diatas masih kurang, tapi bisa dijadikan bahan pemikiran dan pembelajaran….
Pretamaxxnya Belih
mbaca doeloe Bro..
nais info Bli. Tengkyu
http://triyantobanyumasan.wordpress.com/2011/01/20/suzuki-fxr-where-are-you-i-miss-you/
baca dlu ah..
wis bedah rem nih……..
Numpang baca…. Klo harian ya ckup pake kaliper standar(flexible)
Atau caliper fleksibel,tapi dengan sleeve yang lebih presisi &punya pelumasan bagus,sehingga gerakan caliper tidak ‘terlalu’ ngefek pada kecepatan tinggi
nggak gampang copot tuh gan,pengikatnya ring doang,ringkih kayaknya
mahal tuh
Kalo disini kayaknya cuma mempermanis tampilan… 😀
desain blognya keren aja nih
15 Gratisan dari Internet
mangstab bli ❗ hmmm TZM floating ❓ wah sama kayak yg dipasang di My Paijo tuh 😎 >> harga ga bohong ❗
➡ cekidot
sekalian nitip lapak bli 😀
http://azizyhoree.wordpress.com/2011/01/21/bongkar-replace-kampas-kopling-scorpio-z-225/
di roadrace pabrikan aftermarket malah ngeriset cakram floating buat bebek tuh, cuman diameternya emang ga gede2 banget. apa diameter piringan ngaruh juga ya?