liat diagramnya.... putuskan???

bro udah taukan yang dinamakan cakram floating, cakram yang dipakai di kejuaraan dunia. kalo disini paling terkenal punyanya TZM, pegangan cakram/tubuh bagian dalam tidak langsing tersambung ke daun cakram, yang disatukan oleh beberapa cincing/ring. apasih tujuan/maksud floating dish ini??

6 piston bro...

jika ngomongin cakram floating, maka tak terlepas dari piranti penjepitnya,yaitu kalipernya. di motor-motor kelas dunia pasangan cakram floating merupakan kaliper radial, yang dikedua sisinya terdapat piston sebagai penekan, tidak peduli akan 2 piston kah, 4 piston kah, atau 6 piston sekalian, yang terpenting dikedua sisinya terdapat piston. beda ma kaliper motor harian indonesia sini yang pistonnya hanya sebelah.

bodi cakram dengan daun cakram terputus dihubungkan dengan cincin

antara cakram floating dan kaliper radial sebenarnya saling membutuhkan. bro pernah perhatikan ga, di kaliper radial, badan kalipernya langsung terkunci ke bodi shock depan, tanfa piranti as yang memberikan kaliper kelenturan bergerak kekiri-kekanan seperti kaliper motor umumnya. karena dibaut matinya ini dibutuhkan cakram yang pleksibel atau bisa bergerak kekiri atau kekanan. Bisa dibilang, cakram mau menuruti kemana kehendak kaliper bergeser.

semua moge terbaru memakainya...

gimana dengan motor lokal yang pasang cakram macam TZM dengan kaliper biasa?? coba kita telusuri dulu, pada motor lokal kalipernya masih bertife fleksibel dengan piston yang cuma sebelah aja, plus dikasi cakram floating yang fleksibel juga, gimana akibatnya…?? rem akan terlalu fleksibel, efeknya saat di rem keras, roda depan serasa bergetar. dikarenakan terlalu fleksibelnya rem”cakram dan kaliper”

gambar dari kaskus, cakram TZM yang populer disini

so, jika untuk motor harian indonesia yang berCC kecil, efeknya sebenarnya terasa kecil, lain hal jika dipakai untuk adu kebut…ya sungguh terasa..!! sebaiknya cakram floating ditemani dengan kaliper yang kaku, macam kaliper radial….

mungkin info saya diatas masih kurang, tapi bisa dijadikan bahan pemikiran dan pembelajaran….

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

13 responses »

  1. Hourex mengatakan:

    Pretamaxxnya Belih

  2. Hourex mengatakan:

    mbaca doeloe Bro..

  3. Triyanto Banyumasan mengatakan:

    nais info Bli. Tengkyu

  4. tiktak.. mengatakan:

    baca dlu ah..

  5. ridertua mengatakan:

    wis bedah rem nih……..

  6. Aris othonx mengatakan:

    Numpang baca…. Klo harian ya ckup pake kaliper standar(flexible)
    Atau caliper fleksibel,tapi dengan sleeve yang lebih presisi &punya pelumasan bagus,sehingga gerakan caliper tidak ‘terlalu’ ngefek pada kecepatan tinggi

  7. NanaRedPro. mengatakan:

    nggak gampang copot tuh gan,pengikatnya ring doang,ringkih kayaknya

  8. Evilnine mengatakan:

    Kalo disini kayaknya cuma mempermanis tampilan… 😀

  9. Admin mengatakan:

    desain blognya keren aja nih

    15 Gratisan dari Internet

  10. azizyhoree mengatakan:

    mangstab bli ❗ hmmm TZM floating ❓ wah sama kayak yg dipasang di My Paijo tuh 😎 >> harga ga bohong ❗

    ➡ cekidot

    sekalian nitip lapak bli 😀

    http://azizyhoree.wordpress.com/2011/01/21/bongkar-replace-kampas-kopling-scorpio-z-225/

  11. mochyuga mengatakan:

    di roadrace pabrikan aftermarket malah ngeriset cakram floating buat bebek tuh, cuman diameternya emang ga gede2 banget. apa diameter piringan ngaruh juga ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s