Melihat mesi Satria FU yang DOHC udah biasa, meliahat mesin V-IXION yang pompa cairan radiatornya ada di head udah biasa juga. Gimana kalau lihat mesin Husqy yang DOHC ini?? kalau nggak jeli mesin ini akan kelihatan biasa-biasa saja tanfa ada keanehan. coba perhatikan lagi pada bagian headanya….!!!
Perhatikan dengan teliti, maka bro akan melihat pada sisi belakang head atau dekat inletnya kelihatan lebih tinggi dibandingkan dengan sisi depannya atau sisi tempat cam exhausnya berada. Pertanyaanpun akan muncul dalam hati”kok aneh banget ya nih mesin, apa tujuan husqy membuat mesin yang headnya miring gitu ya?”. Why…???
Jawabannya ada pada lubang pemasukan/inletnya yang memiliki sudut sempit terhadap vertikal, tujuan dari dibuat sempitnya sudut inlet itu adalah untuk mengurangi belokan yang terjadi pada lubang inlet, sudah pada taukan jika mekanik sini mau ningkatin power pasti lakuin langkah porting bahkan ngubah sudut inletnya menjadi lebih sempit. Dengan sempitnya sudut ini maka CFM akan meningkat, begitu juga dengan powernya(CFM diukur dengan Flowbench machine)
dengan semakin sempitnya sudut inlet ini maka konsekuensinya adalah dengan menggeser noken as semakin tinggi,berpengaruh juga dengan panjangnya klep, klep pun dibutuhkan yang lebih panjang. Nah makanya pada sisi dekat dengan lubang inlet pada mesin Husqy terlihat lebih tinggi dibandingkan dengan sisi exhaustnya.
pertamaxx
Tes
inlet sperti ini namanya downdraft bukan ?
CMIIW
bner BGT mas….
ga mudeng, belajar lg… Siplah
mesin ini sama kaya yg dipake BMW G450X
mesin yg dpake motor eropa ini, buatan Taiwan (kymco) cmiiw
wew
mesinnya kok mungil
berapa cc yach?
kok kecil bro….. CCnya 450 bro…. single silinder….
tu engine dari motoraminarelli bukan?
bner banget bos…. rasanya pernah dibahas tuh mesin ama mas tri…