Semua orang sudah pada tau yang namanya Kawasaki Ninja 250R, yang suaranya merdu, yang tampangnya moge, yang berciri khas warna hijau, pokoknya anak TK pun sudah tau. Bagaimana dengan buyutnya yang terlahir di tahun 80’an, jarang yang tau, mungkin belom terlahir di tahun itu…!! Si buyutnya ninja 250R ini ga bisa dianggap remeh, di tahun 1985 powernya bisa dibilang setan alias serem dengan powernya yang mencapai 43hp@10.500Rpm.
Motor itu adalah GPZ250R keluaran 1985 yang bisa menelorkan power sebesar 43hp dari mesin Twin’nya, atau bisa dibilang sama dengan kepunyaan kawasaki ninja yang berseliweran sekarang bedanya hanya di kepala silindernya masih memakai sistem SOHC. Mengapa SLR tulis diatas motor ini berpower setan, sebab dari spek mesinnya yang masih SOHC sudah bisa menelorkan power sebesar itu. SLR sendiri tidak percaya dengan speknya yang SOHC bisa nelorin power sampai 43hp, tapi setelah SLR cek dan ricek GPz250R keluaran 1985 memang berpower segitu kecuali yang 84 kebawah memiliki power hanya 33hp.
Jadi bagi kalangan yang masih menganggap remeh sistem SOHC bisa belajar dari GPz250, dengan sistem SOHCnya motor ini bisa mematahkan anggapan orang akan kecilnya power mesin SOHC yang dihasilkan. Akan tetapi otak mekaniklah yang menentukan semua.
berikut speknya:
Make Model | Kawasaki GPz 250R |
Year | 1985 |
Engine | Four stroke parallel twin SOHC |
Capacity | 248 |
Bore x Stroke | 62 х 41.2 mm |
Compression Ratio | 11:1 |
Induction | |
Ignition / Starting | |
Max Power | 43 hp @ 10500 rpm |
Max Torque | |
Transmission / Drive | 6 Speed / chain |
Front Suspension | |
Rear Suspension | |
Front Brakes | Single disc |
Rear Brakes | Single disc |
Front Tyre | 100/80-16 |
Rear Tyre | 120/80-16 |
Dry-Weight | 138 kg |
pertamaxxx mahal
gmana jelasiny,spek bgitu bs 43hp.ninja 250skrg aj ud dohc tp cm 26hp/30an,dari mana asalny keluar tnaga sgitu.untk mtr stndr,pdhl cmpresi jg g jauh bda,jd bingung?”
SLR juga sempat bingung, coba cek dan ricek dari berbagai situs…. ya memang bener segitu…. ya 43hp@10.500Rpm…..
banyak kemungkianan mas, durasi noken-as, setingan karbu, timing pengapian, exhaust, port-port, piston weight, flywheel weight…
kan SLR sudah sering bahas, di jaman katrok gitu powernya lebih gila dibanding jaman sekarang ini, contohnya ada pada Kawasaki BR250 single cylinder bisa nelorin power sampai 33hp….
43 hp fantastis…. tapi konsumsi bensinnya irit gak?
Nyimaaakk gaaan!!,,,mangstab,,,mangstab!!.
Keluar dan beredar dinegara mana koq ngga disebutin?
maaf mas…. peredarannya hanya di jepang saja. atau JDM only
bukannya Ninja 250 jaman itu 4 silinder??
itu lain mas nunoe…. itu Kwasaki ZX2R…. powernya bersaing sama FZR250,CBR250RR dan GSX250R yaitu 45hp….
yang ini tipe sport touring… twin 250cc
whattttt???!!! 43hp… ! mantabbbb!
nitip ya
http://jheren.wordpress.com/2011/03/10/xcd-menggugat/
http://jheren.wordpress.com/2011/03/10/pertamax-award/
Mungkin jaman dulu belom ada aturan emisi ketat, jadi knalpotnya bisa didesain buat mengoptimalkan power, tanpa pusing mikirin emisi, yg ujung2nya cuma mengebiri power mesin.
Plus mungkin juga jaman itu bahan baku masih berharga murah, jadi pabrikan bisa pake material eksotis pada jeroan mesin buat ningkatin power, tanpa takut harga motor jadi mahal.
Ditambah model knalpot ninja 250R yg sekarang model 2-1 pastinya pengaruh juga buat keluaran powernya, spertinya model 2-2 lebih sip dhe soal output power……..
JELAS!! intinya bukan dohc atau sohc yg bikin motor ganas…
Kunjungi blog saya IndoSNet
thanks atas infonya
Moto 3 aj taun depan powernya 45 hp. alat dynonya kali yg beda standrnya jaman dl dg skrng, cb nsr sp yg dibrosur 39 hp, nyatanya cm 30-31 hp. seandainya diadu pun dg ninin sekarang gw yakin kq top speednya msh tinggi ninin skrng, tipe yg 2000an pun tenaga badak tp top speed msh lewat sm yg skrng
fairing yg versi 85 mirip cs1….hehehe