bebek SOHC 2 valve yang berhasil mematahkan image SOHC lelet

Jaman mekanik sekarang pada pinter-pinter, canggih-canggih, ga ada lagi yang dibilang motor loyo, asalkan punya duit apa yang nggak bisa sih??!!! Pokoknya semua bisa terwujud dijaman sekarang ini, Ada yang bilang motor SOHC memble, blom tentu, itu sebenarnya tergantung fungsi, DOHC pun jika dibuat dengan tujuan mencari torsi alias menomer duakan power bisa. Tergantung dari pemungsian motor tersebut dan kepintaran mekanik, maaf sebelumnya jika SLR pintarnya hanya teori, teoripun sangat sederhana-sederhana alias takut ribet dan kesesat.

klep 2 buah juga bisa bertaji

Balik kejudul diatas, yaitu SOHC itu ada yang kenceng walaupun belum teknologi 4 klep seperti yang diterapin Yamaha di MX dan Vixionnya. Contohnya ga jauh-jauh ada di motornya Honda CS1 atau Sonic. Powernyapun bersaing kok dengan yang 4 klep Jupiter MX. Padahal 2 klep loh, kok bisa bengis ya?? kembali lagi ke pembicaraan SLR di paragraf pertama, semua itu tergantung pemungsian motor tersebut. Jika diperuntukkan bagi ibu-ibu kepasar ya jelas powernya pas-pasan lah biarpun kapasitas mesinnya sampai 125cc macam Supra X125 dan Suzuki Shogun 125.

MX terkesan superior dengan 4 klepnya

Sekarang kita bahas kenapa dengan 2 klep SOHC sonic ataupun CS1 powernya malah lebih besar dibandingkan yang mempunyai klep 4 macam jupiter MX. Ya kita bahas tentang klepnya dulu, kan yang membedakan motor ini selain kapasitas mesinnya juga pada jumlah klepnya, walaupun sonic berklep 2 namun penampang klep Sonic/CS1 lebih lebar dibandingkan punyanya MX walaupun jumlah klepnya lebih buanyak.

mari kita selidiki dari rumus:

D. klep sonic: 28mm, berapa luasnya??

L=∏(½xв)

=3.14  (½ x28²)

=615.33mm²

D.klep MX 19mm x 2, berapa luasnya?

L=∏(½xв)

=3.14  (½ x19²)

=283.385mm² x 2

=566.77mm²

beragam klep dengan diameter daun berbeda

Dari rumus diatas dapat disimpulkan bahwa diameter klep Sonic/CS1 dengan diameter 28mm penampangnya lebih luas dibandingkan dengan punyanya Jupiter MX yang 19mm sebanyak 2 buah, yaitu Sonic/CS1 615.33mm² sedangkan Jupiter MX lebih kecil:566.77mm². Sudah pada taukan semakin lebarnya diameter klep(max 0.5 diameter seher) maka semakin banyak pula campuran udara-bahan bakar yang masuk, berpengaruh pada putaran atas yang dahsyat nan melengking.

FU dengan DOHC sangat tangguh di putaran atas

Selain dari diameter klep, power tinggi juga berpengaruh dari olahan noken as, ini R.A.T lebih tau dan tau lebih tentang olahan kem, Di noken as dapat dicari power mana yang akan galak, mau atas atau mau bawah, mau nglahin power mesin DOHC atau mesin motoGp segala…mimpi…!!! Tiada maksud mengunggulkan SOHC, namun mesin dengan sistem SOHCpun masih bisa berbicara, bahkan yang menggunakan hanya 2 kleppun masih bisa unjuk gigi. Selain itu SOHC terkenal akan kesimpelannya dan kemudahan dalam mereparasinya. SLR sendiri mengakui betapa hebatnya mesin yang memakai sistem DOHC macam satria FU, CBR150 dan lainnya. Solusi pertama untuk bersaing dengan mesin DOHC bagi SOHC adalah dengan memperluas penampang klep dan mengubah lift-durasi kem. So nothing imposible kan!!!

maaf jika tulisan SLR masih sangat kurang, mohon permaklumannya, karena SLR masih dalam tahap belajar juga di bidang mesin.

About these ads

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

151 responses »

  1. farid21 mengatakan:

    Wew,keren sangat artikelnya bli,,

  2. Suzuki Mania mengatakan:

    Like this.. Nice info

  3. kemprul ha ha hi hi mengatakan:

    terima kasih atas pencerahanya bli….

  4. dendy mengatakan:

    fu putaran bawah yang garang bli. Putaran atasnya agak kurang.

  5. Genesis mengatakan:

    FU yg CKD putaran bawahnya ajah yang garang kalo atasnya memble. Rata2 topspeed cuma 130 an. Kalo yg versi CBU saat FU awal muncul emangsih putaran bawah n atasnya garang

  6. kirana88 mengatakan:

    smua fu sama aja ud gw buktiin,yg ckd bisa ampe 135kmh kok,coba aja adu yg cbu,kan mesiny dah tuir tuh y krg lbh sama aja ama yg ckd mesin lbh muda,
    Tp kalo di adu sm2 baru gw yakin fu cbu menang jga tipis bgt ama yg ckd,
    Jd intinya smua fu sama aja,trgantung bs bwany ap eggk..

  7. babad150f mengatakan:

    fu ckd ama bu sama aja..situ punya fu ckd tinggal copot stater motornya juga sama ama fu cbu..gak usah fanatik cbu lah.. :sad: menyedihkan

    • Ahmad Fauzi Ujix's mengatakan:

      bro, yg nmanya motor built up itu pasti safety dan orisinil beda dengan buatan anak indonesia yg komersil, ngerti apik tok tanpa keselamatan . . .

      • ery jogja bantul puny cb mengatakan:

        stuju dg bro ahmad,,,crank shaft built up lbih besar torsinya,,n lbih senter pmasangannya,,bda ama ckd….
        kmaren as kruk fu built up saya diajak tukeran ma tmen,,pdhl stang seher ny ud kena parah,,tapi tmen sya msh mau nmbah uang lg,,krn dia butuh wat balap…Built up emang bahannya lbih bgus n lbih presisi!!!

  8. kirana88 mengatakan:

    se yg gw rasain yah,
    Pk mx: 1,2,3 mantap emg,tarikan cpt,gi2 3 bs 100kmh di speedo mx,tp pas gi2 4 mlh loyo.naekny lambat plg bs ampe 115kmh it jg naekny lama dan ud nahan…
    Pke cs1,gi2 1,2,agak lelet tp bgitu masuk 3,4 mulai ganas,napas panjang diatas 60kmh naekny cpt,gi2 4 bs 118kmh spedo cs1 ,trz gi2 5 msh bs nambah trgntg yg bs bwa.rata2 c 122-125kmh ud nahan,

    Pke fu: gigi 1,2 aga lelet,kalah ama hentakan mx,tapi bgitu masuk 3,mx ke salip,dan it naekny cpt bgt,asal maenin rpm 9500,gi2 4 bs smp 110kmh spedo fu,pwr smakin knceng di 7rb-11500 rpm,gi2 5 bs smpe 131kmh.nah bgitu gnti gi2 6.naekny ud mlai pelan2 smp 135kmh…
    It aja c pengalaman yg gw rasa.nyoba mtr2 itu,
    Mx sohc 4klep over stroke,unggul torsi n aksel.tapi atasny payah
    Cs1 sohc 2klep bsar over bore 5speed,biar sohc tp klep gde 5 speed n over bore jd putaran atasny mantap bs di limit 10rb rpm
    Fu:wajar c spekny diatas rata2
    Ud brt cm 95kg,dohc 150cc,4klep,6speed pula,bwh emg agak lelet.gr2 kurang torsi,tp bgitu dpt pwr atas.lariny gokil
    Pnilaian gw c msin standart fu dohcny emg bwt ngejar atas…

    • dikka mengatakan:

      aq pnah geber fu q,, gigi 1 bs ampek 49 kpj, kalo mw enak startnya pas mc mesin stationer putar pelan aj terus kalo ud rpm sktr 3500-4000 sentakin gas e… bs apek 49-55 kpj cpet kq akselerasinya ea kira2 3 detik lah,,, pdahal standart,,

  9. JHOND mengatakan:

    @kirana88 : honda CS1 sebenernya gigi 1, 2 garang caranya ya jangan buru2 over gigi soalnya rata2 motor honda di gigi awal nafasnya panjang.,.

  10. bejo mengatakan:

    oh gitu

  11. extraordinaryperson mengatakan:

    bisa tembus 100 kpj uda kencang buat gw :mrgreen:

    http://extraordinaryperson.wordpress.com/

    • rama mengatakan:

      jd inget smalem kbut2an,ane pake MX n bikers 1-nya make cs-1
      dari balaraja p karawaci,,MX ane bs tmbus 125-130 pdhl SOHC kn,,
      klo cs1-nya g tw mngkin sama c coz msih bsa salip2an,,
      dr cni ane jd tw klo SOHC pun jgn dianggep enteng,,
      kpn2 ane 5u cb blap 5 fu ach…

      • serdadu FU Selatan mengatakan:

        MX nantangin FU bro..??
        DIJAMIN 1000000 % DIASAPIN!!!!!!!!!!!!
        cukup pake gigi 4

      • Bonek mengatakan:

        Wah MX standard sama supra korekan gua aja kalah tp cuma 400 meter sih kan drag……gitu ngelawan FU wkwkwkwkwkwkw gpp zakat di jalanan

  12. beopat mengatakan:

    ^^
    kalo balapan jangan di jalan dong bro..
    kasian yang laen yang baru pulang gawe dari balaraja.
    mosok kudu minggir, nunggu ente lewat dengan kencangnya?????

  13. Kyoghi mengatakan:

    CS1 tuh uda downspec dibanding Sonic, diameter klepnya lebih kecil dari Sonic, ada yg pernah ngetes Sonic vs FU?????

  14. kirana88 mengatakan:

    wkwkwk ngakak ad yg blg mx bs 125-130… It stndrt ap ud korekan.ato jgn2 dbhngin spedometernya hi.hi.

    Fu vs sonic ud pnh test sm2 stndrt,
    Hasilnya: start gi2 1 fu kalah,tp g lama fu bs nyalip sonic,meski lumayan nempel,tp di pwr atas fu mulai melebar jarak kedepan,tp sonic kalahny gk jauh2 jg c lumayan ngelawan,
    Sonic 125 tp kompresi lbh gd dr cs1 13,5ps
    Fu 150 dohc 16ps,
    Fu vs sonic emg wjr c menang fu.dr spek jg dah kliatan.tp y kalo pnter bwany sonic kalahny gk malu2in lah.

    Kalo mx mw lawan fu lawan dlu tiger,
    Fu vs scorpio aj stndran msh bejaban kok…
    Weight to ratio g prnh bohong

    • gen5 special mengatakan:

      rasanya klo mx gak mungkin yah tembus 120kpj kecuali masalah speedo
      gw udah nyoba sih mentok di 115-118kpj (mx lama)
      klo new mx mentok 118-120 tu udah bener2 trek super panjang,,,hanya maen rpm dan betot gas dgn cara terbaik gw,,mustahil nembus 121kpj keatas keatas,,knp?
      karena di cs pun udah nembus 113kpj pun si new ,mx dah tertinggal,,,lagian ketika cs udah ngos2an di 124-125,,new mx dah jauuuh tertinggaaal,,,sekitar 12-14 body…
      ketika tukaran joki pun sama…
      maaf bukan gw nge junk mx,,tapi kenyataaan demikian dan gw bandingkan ama artikel diatas emg juga cocok,,,top speed mx loyo dan overdrive,,,kecepatan 0-60 cepet,,,70-80 mulai tertahan,,80 keatas,,,waduuuuh lemoooot,,,dan gigi 4 sprtinya bener2 minim tenaga,,,ciri overtsroke emg gitu

      masalah speedo cs1 yg akurat dan mx yg agak safety emg pengaruh banget di persoalan klaim anak2 mx yg percaya motornya bisa tembus 120,,,
      namun gw sendiri pake mx yg 2010 hanya tembus 118 dah bener2 mentok agak bungkuk dan pake pertamax plus sesuai komresi 10,9,,,hanya olinya yg standar
      begitupun cs1 merah yg dites juga minum pertamax plus,,,tegak tembus 125,,agak nunduk hanya nambah 3kpj jd 128….

      • j4na mengatakan:

        SLR juga punya MX dirumah, bisa ngalahin scorpio bro, larinya bisa sampai 145kph(GPS)… percaya??? harus dong, tapi itu tidak dalam kondisi standar, kapasitas mesinnya udah menginjak 170cc,plus CDI BRT,knalpot R9 dan PE28….
        Saat Standarpun bisa sampai 120kph(Gps) tapi mengalami pergantian spuyer main jet pake punya satri 120. ukurannya kalo ga salah 97 maklum sudah lama.

      • yoseph mengatakan:

        wahh wahh…..
        MX gak bisa nembus 120kpj ????
        MX nya penyakitan x bro
        bukan nya bangga’in bro MX gw thn 07 kopling
        kondisi standart sehat, cuma pake gear 15-43 aja
        percaya gak percaya udah di tes sama FU
        mulai start awal gigi 1 FU tertinggal sampai kecepatan 120kpj
        120 mah gampang asal kondisi mesin sehat
        tapi stelah mx gw mentok di 120kpj FU nyalip trus..
        smakin pnjang track nya smakin tertinggal mx gw
        asal tau ya bro mx mentok di 120 cuma karena CDI nya limiter aja
        sekarang udah gw pake BRT HYPERBAND nembus sampai 145-150kpj
        kalo sama CS1 mah sama2 standart pabrik jauh tu tinggal CS1
        asal track nya jangan kepanjangan…
        krn mx standart pabrik mentok di 120kpj
        keluhan gw cuma di CDI standart MX aja…
        mslh torsi jangan tanya…
        kalo anda2 tidak percya add aja FB gw
        liat ada video nya kami tes MX,FU,CS1 (standart pabrik)
        ne email gw bagi yg tidak percaya ocheps_podolski@yahoo.com.
        thanks

      • MX mengatakan:

        memang MX menang di accelerasi doank, , saya punya MX, , tapi motor tergantung selera, , tinggal pilih yang accelerasi ato top speed, , :) tapi kalau aku yg accelerasi karena buat d kota yg stop n go, , :)

    • dikka mengatakan:

      ngipi ap mx bs ampek 130 kpj,, paling mx mesinnya fu,, fu aj am tiger mc menang fu,, berat dan ratio gigi, baik gigi roda atwpun prseneleng brpengaruh besar,,

    • ery jogja bantul puny cb mengatakan:

      semua itu trgantung pemakai bro,,,n kbiasaan pmakaian mtor,,,
      smash SR ane dlu standar aja bsa lari 130kpj,,,
      klo brangkat skul ksiangan,,pasti dpet musuhnya Thunder djalan,,ktinggal aj tu thunder,,
      trus ane nyoba wat ngrjain Org pke Honda blade,,eh,,trnyata gk ad apa”nye,,,hegheg,,[bukanye sombong,,]
      klo mslh MX ama FU,,sma” standar,,jlas lari Fu nya bro,,,YG blang Fu standr Bawahnya klah ma MX itu slh BSAR,,gue dr Prtama kluar Bli FU builtup,,Ampe ckg bli FU ckd,,,blum pernah kalah ama MX,,, Sama” motor muda lho bro,,,

  15. sekopati mengatakan:

    lha kalau cc sama 135cc boleh tampil full permak kira2 menang mana cs1 sama mx ? terus cc sama 150cc mx,cs1 dan fu kira2 menang mana ?

  16. Bonsai Biker mengatakan:

    nais ingpoh gan

  17. thawil mengatakan:

    wew… baru tau cs 1 cuma 2 klep… mantaf dah si cesy.. sayang ga suka bodi depaannya sih :)

  18. gaplek mania mengatakan:

    ooo ternyata cs1 kenceng juga to.pantes gw cobain tarikannya ngalahin tigerku dulu.aku malah takut gas baru setengah udah 100kpj.dn anginnya rasanya lbh kencang daripada bebek2 lain sama2 100kpj spidometer.
    ngeri bodinya kecil.kaya mau terbang rasanya.

  19. Ngeot mengatakan:

    Yg bilang mx std bs 130 kpj : ngimpi, DASAR ALAY

    • iman mengatakan:

      Setuju gan,,
      anak2 MX pada alay
      udah jd rahasia umum gan speedo MX tuh lebay
      ane udh pernah nyobain bw mx sm cs1 d’sejajarin d’ speedo cs1 100 km/jam tp d’ speedo mx 115 km/jam
      soaln akurasi,speedo cs1 yg keakuratannya baik ane udh coba pake dyno margin errornya hanya 1,5 %
      jd jgn ngigo dah standaran mx bs smp 130km/jam
      kl mw ngebacot,jgn terlalu lebayyyyy,,,,

      • ajie mengatakan:

        setuju gan ane juga udah nyoba tes pake dyno test super speed margin errornya hanya 1,3%
        speedo mx tuh lebay parah
        ya yg naeknya juga para alay :D

  20. touringrider mengatakan:

    asline aku yo pengen scorpioku yg SOHC tambah ngacir maneh.. tapi nunggu panen buat merombak.

  21. gen2 mengatakan:

    lari 110 di mx ternyata cuma 95 doank di cs….

  22. khien's Solikhien mengatakan:

    tapi pada kenyataanya CS1 kalah jauh ama MX, cuman menang di atas kertas om…

    • gen2 mengatakan:

      itu kan kata ente,,kenyataannya dilapangan masi menang cs1 gan,,,klo trek cuma 402m ya jelas gan,,lebih dari 700 hingga beribu kilo ya menang cs1 gan,,,jauh gan,,gk ada apa2nya tuh mx,,,klo cuma menang hentakan di gigi 1-2 trus trek keburu habis ya bukan menang gan,,,coba klo di tarik mpe gigi 5 masing2,,jauh gan,,mulai masuk gigi 3,,mx dah gantian di belakang,,,hingga sisa akhirnya gak berdaya….

      kata rider sejati (bukan kata rider jalanan) : “menang di awal blm tentu menang di akhir hingga keseluruhan” gan,,,coba disentul aja gan sama2 standar…(meskipun bakal diketawain krn motor bebek 125-135cc masi standar culun yg gak mungkin tembus 150kpj dtanding disana),,,gak bakal menang tuh mx per lapnya

    • BudiCyser mengatakan:

      wkwkwkwk…………..
      anak MX maksain, ganti tuh CDI biar kenceng, terus jebol dah…..

      • dikka mengatakan:

        biarin gan ad yg fanatik am produknya yamaha.. wkwkwkwk aq jd mikir dch,, mx stndard bs 130 kpj.. mnkin mx ditarik pkek pesawat tempur sukoi,, dbuktiin dulu dah,,

  23. gen6 mengatakan:

    yang namanya yoseph diatas….
    ngimpi luu berani diadu ma fu,,,,gigi 1 aja lo menang sisanyaa,,pyuuuuuur,,,,jauh broooo,,,
    ama cs1? gw jabanin lu sama2 standaran,,120 di speedo mx? sori speedo mx tu lebay gan,,bukan rahasia lagi….
    gw ganti CDI CP tanpa ganti apa2 juga bisa tembus 140,,lbh dr itu gak bisa,,,,klo ente bilang hanya gnti CDI tanpa ganti karbu,,,per klep dan rasio gir ya gak mungkin bisa 145-150,,JANGAN BOHONG donk,,kita disini juga bukan rider buta tp juga pernah ngoprek motor,,gw gak bdoh!,,,gini aja,,apa gak hancur tuh per klep floating di keceptan 130keatas…trus apa gak bengkok tu pistom,,,kle pngalaman sama2 ank2 motor klo hny gnti cdi hyper cuma naikin aksle di 80-90 gigi 2-3nya aja,,gigi 4 tetep aja overdirve meskipun limiter digeser keatas tetep aja power gak nyampe buat naik di gigi 4,,,,
    BOHONG DOSA lo gan!!
    otak dipake,,jgn hanya cantumin email klonengan aja ya bos!

    • Moon'Star mengatakan:

      betul kta loe, makasi tas kta2 loe d atas
      fakta d jlan yg brbicara
      emang cc mx lbih gede tp cs1 jgn d anggap enteng
      tp ya nama na mnusia rta2 gx mau klah

      thx bro

    • Yefta_Bro mengatakan:

      Weleh weleh… MX lawan AXELO ane aja kalah….
      masa mau nantang CS1

  24. gen6 mengatakan:

    yang namanya yoseph diatas….
    ngimpi luu berani diadu ma fu,,,,gigi 1 aja lo menang sisanyaa,,pyuuuuuur,,,,jauh broooo,,,
    ama cs1? gw jabanin lu sama2 standaran,,120 di speedo mx? sori speedo mx tu lebay gan,,bukan rahasia lagi….
    gw ganti CDI CP tanpa ganti apa2 juga bisa tembus 140,,lbh dr itu gak bisa,,,,klo ente bilang hanya gnti CDI tanpa ganti karbu,,,per klep dan rasio gir ya gak mungkin bisa 145-150,,JANGAN BOHONG donk,,kita disini juga bukan rider buta tp juga pernah ngoprek motor,,gw gak bdoh!,,,gini aja,,apa gak hancur tuh per klep floating di keceptan 130keatas…trus apa gak bengkok tu pistom,,,kle pngalaman sama2 ank2 motor klo hny gnti cdi hyper cuma naikin aksle di 80-90 gigi 2-3nya aja,,gigi 4 tetep aja overdirve meskipun limiter digeser keatas tetep aja power gak nyampe buat naik di gigi 4,,,,
    BOHONG DOSA lo gan!!
    otak dipake,,jgn hanya cantumin email klonengan aja ya bos!
    Balas

    • dikka mengatakan:

      mkanya itu boz aq bingung.. ap iya ya ganti cdi hiperbrand bs ampek 145 kpj,, pdahal stauq cdi hiperbrand dipakek ama temenq bwt drag race.. dragrace khan cadu akselerasi aj,, iea khan boz,,, org am gl max 125 cc aj mx mc kesalip kq, ,,, mimpi dah mx ampek 145 kpj,,,

      • gen9 mengatakan:

        betul gan,,,hyperband tu kenaikan napas/penambahan limiter rpm nya gak gitu tinggi,,misal di cs dari standar 11300 setelah dipake hyperband paling hanya 12000rb doank,,sementara di mx yang standarnya 9100 setelah dipake hyperband hanya sekitar 9500-9700rpm,,maklum hyperband tergolong tipe low-end,,,jadi ya gak masuk akal tuh,,,mx standar pake cdi itu tanpa ganti apa2 napasnya sanggup ditarik hingga 145kpj,,apalagi mx tu OVERSTROKE,,napas bawah doank isinya,,napas atasnya lembek,,,,

        jadi sih gw bener2 gakpercaya,,,gw gak bakal terima koaran kosong gitu krn gw dikit2 juga ngerti dan pernah bantu garap motor tmn gw mskipun kecil2an,,,paling enggak dengan ilmu dasar yg gw dapet trus gw nalar dan itung dengan spek standar sebuah motor,,gw bisa mengira2 kenaikan power,rpm,torsi,pergeseran pengapian dan yg paling penting => DANA yang bakal dihabiskan :D
        kelihatan tuh dari komen sodara yoseph diatas bilang 145kpj untuk mx yg hanya gnti CDI hyperband seharga 300-400 rb bisa secepat itu,,emg naik brp dk? paling max hanya 0,3-0,4dk tnpa ganti knalpot,,,bahkan pengalaman dyno gw kenaikan topspeed dari vixion garapan tmen yang melonjak dari 12,4dk (on wheel loh bukan crank yg emang klaim yamaha sekitar 14,8dk),,jadi 13,6dk on wheel (pake modul andrion im8,9power,step up gear 1 stage (buat naikin top speed nurunin rpm),knalpot r9 ng mugello,,,cuma bisa nambah top speed dari 125kpj ke 140kpj (rider 63kg) di trek sama,,buseet brarti mx nya yoseph sakti bgt,,ngalahin vixi garapan gw bareng tmen gw yg gw aja udah setangah mampus puter otak dan rogoh kocek dalem2!

        kalo gk prnah garap motor jgn bullshit dan nipu2 aja dah tuh yoseph,,klo emg yoseph tu bisa naikin speed standar cs1 gw yg standarnya mentok 128-130 jd 145-150 dgn modal hanya cdi hyperband atau garap pio gw yang standarnya 135-140 jd 160an dengan modal cdi yg hyperband td,,gw bayar dah lo!

        mngenai gl max emang lumayan galak tu,,mesin gl dengan kompresi 9.3 namun TANPA DEKOMPRESI sama sekali,,engkol staternya mantaf bro,,,beraat bgt,,tapi justru tanpa dekompresi gitu,,,tenaganya galak…lebih galak dari megapro yang 2006-2009….

      • j4na mengatakan:

        tapi motor ane sudah bore-up 170cc pake blok TDR plus pe28 plus CDI dualband BRT, plus kompresi naik plus gir ganti plus knalpot R9 dan banyak lagi…. ane test sendiri bisa nyetak 145kph pake GPSnya Nokia N95…. oh ya dekompresi dilepas….

      • Raden Tono mengatakan:

        gue jg heran bro sm tuh yng namanya yosep….masak iya mx yang notabene napasnya OVERSTROKE itupun maen di putaran bawah bisa nyampe 145kpj hanya dgn ganti cdi, motor malaikat kali yee…lha wong cdi hyperband tuh cm buat suplai napas dikit aja kok speednya nyampe segitu…kali dia fanatik ama yamaha yee..udah jangan dipaksaian tuh biar elo apa2in (di oprek, dikorek, boreup taw smacamnya tuh mx yah gitu2 aja) lemot kalo dah di rpm tinggi…lha wong karakteristiknya maen di putaran bawah biar diapain tetep gitu..jadi jangan TULIS BERITA BOHONG deh…

      • j4na mengatakan:

        emang bisa bro… tapi tuningnya harus maksimal…..
        sebagai contoh yang SLR alami langsung..
        Part 170cc, Pe28, CDI duelband dan lainnya…. bisa kok sampe 145
        begitu diganti karbunya pake STD… yang laennya tetep…. 130 aja udah maksimal….

      • Raden Tono mengatakan:

        tuh mah dah di oprek…kalo stndaran mana mungkin tuh nmx nyampe segitu…dapet 121 kpj aja dah untung..

    • bro masak motor saya mx,lri nya kok nggak bsa terbuka 135 cc.padahal karbu nya karbu rx,king,dan kem nya kem resing,dan cdi nya brt,apa yank kurang nya ya

  25. dikka mengatakan:

    iea gan…. mkanya itu… q pnah nyoba mx gas ampek pol,, satandard kopling ntu cuma 118 kpj,, lntasannya lumayan lah skitar 2 kilo an…wat yg new mx ntu brp ea gan kira2 toopspeednya,,kmaren d jalan aq pkek gl pro enak2 jalan eh dr blkng nyalip dah tu cesy am new mx nalapan mereka,, dr prtama nyalip cesi udah ddpan.. pnasaran aq buntutin mrka,,dr lawang ampek pandaan.. aq cuma mw bndingin mx new am cesi kencengan mn.. eh dr prtama ketemu,,, saling salip2an gt munkin toopspeednya sama ea gan.. teuz pas jalan lurus si cesy nyalip didepannya mx jraknya kira2 10 mtran lah,, ud mxnya gk bs nyalip,, jarak e tetep sgtu .. ampek di sukorejo jarak e teep segitu,, mnkin sama ea gan toopspeedya.. tp aq yakin kalo mesinnya sama2 baru mnkin si cesi yg menang,,

  26. ats mengatakan:

    cs1 mang keren 125cc aja power lebih gede dr 135cc. Baru dpt berita kmarn malam dr lanud A.Yani Semarang, cs1 piston 62mm (145cc) cdi brt, nok as racing dll vs cbr 150 cdi rextor, nok as rac dll race I cs1 kalah, race II cs mnang, race III cs menang. salah satu bukti sohc mengalakan dohc…mx & fu riders yg pd penasaran silahkan ksana. .

  27. reza mengatakan:

    TuruS kllau cs1 bisa ngalahin mx ,,,athlante bisa Ga soalnya Gw bingg sama motor2 karanG … NGakunya kenceng padahal da ada apa2nya … Yg jlas gw mau beli motor tapi bingg mo pilih
    Cs1 atau athlante … TolonG di bantu !!!!

    • j4na mengatakan:

      dari tampilan menang athelete….
      tapi lebih kencang cs1…. spek mesin keseluruhannyapun lebih bagus CS1…..

    • gen9 mengatakan:

      jauh gan,athelete tenaganya hanya 9,9dk,,sementara cs1 12,8dk torsi juga gede cs1 dikit,,,
      lawan athlete cuma mpe gigi 3 dah lewat gan,,no offence,,,

      teknologi yang dipake di cs1 ama athele juga beda,,,jauh kompleks dan canggih mesin cs1

      • serdadu FU Selatan mengatakan:

        FU aja bos….

        Lincah krn bodi kecil dan mesin garang, Enteng diajak manuver tatkala macet, bisa nge-LOP ketika jalanan sepi.

        dilengkapi pula 3 mode pengapian yang bisa anda set sesuai keinginan: Economi, Standart, High Speed. Tombolnya terletak di Speedo Meter bos, tinggal pencet beres tanpa harus setting ke bengkel.

  28. dendi indratno mengatakan:

    Artinya untuk dapat mengalahkan DOHC, mesin 2 klep harus perbesar dulu penampang klepnya, tapi seandainya luas klep kita bikin sama besar misal 2 klep dohc di buat sama luasnya dengan 1 klep dengan kata lain kapasitas klepnya sama, maka sudah pasti DOHC lebih unggul karena dengan banyak lubang akan membuat campuran bahan bakar lebih cepat merata ke dalam ruang bakar sehingga lebih mudah terbakar dan efisien gitu teorinya bro, bahkan ada teknologi mesin yang 5 klep loh.

  29. dendi indratno mengatakan:

    BTW, klo mo tahu FU 150 itu down specnya FXR 150 standart yang punya power 20,5 HP dengan CC sama persis dengan Satria FU 150, itu adalah bukti mesin DOHC lebih unggul dari mesin konvensional 2 klep.

  30. puguh mengatakan:

    sorry ane ganggu hehehe, athlete memang bukan lawan cs 1, cs 1 lawan kaka seperguruannya aja, to zx 130 hehehehe, kalo nurutin kenceng gak da matinye. zx mesin over stroke tapi putaran atas dasyat. bukan mengada ngada cos aku sendiri yang buktikan waktu lawan cs 1, spedo juga gk lebay2 amat beda 5 – 7digit. teknology zx juga maaf jadul banget. gak ada radiator-mesin tidur-SOHC-4 speed. gigi 3 110 kph, gigi 4 140-145kph, tp butuh jalan panjang kayak cs 1. gimana misal zx 135 cc, 5-speed? jelas tambah garang.tambah radiator-mesin tegak kayak mx? tambah ngaciiiirrrrrrrrr………………,tapi itu gak dilakuin cos:
    1. biaya pasti tambah mahal
    2. harga bisa mahal
    3.mengingat brand kawasaki gk terlalu laku, maka dari itu, mereka cuman buat yg standart tp dah lumayan,jd gk malu2in

    kalo lawan FU ya……..,aku pake ninja ku aja deh hehehehehe. ya jelas FU lebih superior,bahkan paling super di kalangan motor bebek di indonesia sekarang ni.

    • gen2 mengatakan:

      maaf ya gan,,no offence,,selama ini ane pake cs1 udah setidaknya 3-4x ketemu zx di jalur solo boyolali yg trek lurusnya bahkan bisa 6-7km tanpa gangguan sama sekali tidak pernah kalah,,
      bukannya ane lebay atau mengada2 sekali lagi di gigi 4 pun zx udah putus,,gigi 4 juga blom abis nafasnya,,gigi 5 sama sekali nganggur,,,padahal tuh rider zx emang ngotot sedari awal ketika kami bertemu,,

      baik gan kita tidak bilang masalah teknologi,cs pun cukup tambah 5cc jd 130 ja larinya bakal jauh lebih galak dari sekarang gan,,,zx sama cs sama2 sohc,,,jika agan bilang zx kencang mpe 14–145 di trek pjb,,sekali lagi gan,,sangat2 tidak masuk akal,,,kalo gitu fu kalah dong? scorpio kalah dong? pulsar kalah donk?

      gk usah bilang teknologi nya zx yg biasa,,tp dengan power zx 130cc yg dikisaran 10dk an,,secara logika gak mungkin lari lebih dari 120kpj di jalan datar,,,
      vixion 14,8dk mentok juga 130kpj
      fu 16dk mentok juga 135-140
      cs 12,8dk mentok 128-130kpj
      mx 12,5dk mentok 120-125kpj
      scorpio 18,2dk mentok 130-140kpj
      kalo zx 10dk masa bisa 145kpj??? apalagi cuma 4 speed overstroke gt?? mungkin tu zx pake turbo atau apa

      maaf gan kalo senang sama motor mah boleh tp jgn mpe menutup mata logika dan fakta gan
      piss,,,,

      • puguh mengatakan:

        ya sudah bro, to pendapat rider masing2, zx memang mentok 120 bila ridernya gak sabar. to ane rasa in. yang namanya balap ya pasti pengennya cepet bukan sabar, zx harus pas waktu oper gigi 3 ke 4.kalo pas ya tenaga keluar,kalo gak pas ya kempos di 120 kph. ok brow….zx kan motor touring. trus jangan maksa.kebanyakan ridernya pake premium tapi maksa.ya akibatnya gitu. pake oli maksa juga. 140 kph di satria = 146 kph di speedo manual. lagian dari 100 zx mungkin hanya beberapa yang bisa speed segitu. cs 1 memang kenceng.so kenapa banyak forum cs 1 selalu masalah speed yg bisa kalahin motor cc lebih…to ja yg patut di ulas….,karena dari segi value to motor blm mencukupi, hanya cukup di segi speed, dah dulu sekian bro….

      • Jelajah mengatakan:

        hehehehehe…test speed sama zx saya mas bro, di jl.solo boyolali juga gak apa apa..mesin saya standar cuma knalpot sudah di bedel dan saya pakai pertamax..

        “JoZXy” Jogja ZX 130 Comunity”

  31. ilhamzzzz mengatakan:

    “one heart” adalah sepupu kita
    “change n’ chalenge” adalah keluarga kita
    “bagian hidupku” adalah sobat karib kita
    dan….
    “yang terdepan” adalah MUSUH kita

    keluarga SF siap menghancurkan!

  32. gunawanspurs mengatakan:

    Sebelum bawa Pulsar 200 yg sekarang, sempat bawa Jupie MX 2006 selama sekitar 4 tahun, pengalaman mmg motor ini keistimewaannya adalah tarikan spontan di RPM bawah s/d 6000-an RPM, mirip sekali dgn Scorpio & Byson saat ini, tp setelah itu nafasnya terbatas, berat naiknya.

    Masalah top speed, MX standar BBM Pertamax bisa menyentuh 125+ KPJ di JORR barat malam hari, dgb bobot rider 75 Kg, TAPI dari pengetesan dgn GPS, simpangan speedo MX itu cukup jauh, kisaran 15%, sama lah dgn motor2 sport Yamaha pada umumnya (Vixy & Scorpio).

    Contoh kasus, ngetes Pulsar 200 vs Pio 225 teman, sama2 standar, bobot rider ane sedikit lebih berat, Pio dia unggul lumayan head to head track panjang, tp 0-100 KPJ dia jauh lebih cepat, di atas itu baru bisa perlahan ane menahan ketinggalan. Dites pakai GPS navigasi, P200 ane dapat 125 KPJ, angka GPS sekitar 120 KPJ, sedangkan Pio teman, speedo dapat 140 KPJ, GPS menunjukkan 125 KPJ.

  33. Raden Tono mengatakan:

    gue dah rasain mx ma cs1…pada awal2 taw putaran bawah tuh mx mah ngacir cs1 lewat itulah karakter motor MX OVERSTROKE tp gak semuanya bro….gigi 1,2,3 lumayan ganas tp naik gigi 4-5 wah
    trus gue cobain tuh cs1 temen…start wah gigi 1-2 nyangkut di netral…yah gitulah…gua ulang lagi dah mantap nih…gigi 1-2 gue pikir nih motor lemot amat sih pas naik gigi 3 wah,wah.wah..kaget terkaget kaget gue nih motor garang juga gue naikin gigi 4 wutss panjang napasnya bro 110+ kpj speedo cs1 gue geber trus naik gigi 5 meskipun gak seperti gigi 4 tpi gue dapet 126 kpj meski mash ada tersisa…
    cs 1 menang di putaran tinggi top speed mah kalah tuh mx

    • j4na mengatakan:

      bner bro seperti yang bro utarakan…. SLR sendiri pernah ngerasain langsung… karakter short stroke CS wan memang mantap di hispeed……

  34. Andika mengatakan:

    Cs1 ku cuma dapat speed 126kpj 9000rpm bro sendiri berat ku 53kg waktu boncengan cuma dapat 115kpj 8450rpm teman ku beratnya 55kg.rasanya kurang kencang bro karna cs1 ku baru 6 bulan.

  35. petani mengatakan:

    ya saya tau lah…..

  36. hendry mengatakan:

    gue pumya cs1 tapi gue ga tau nie gmna caranya besarkan cc honda cs 1 tanpa dongkrak mesin klo ada yang tau kasih tau ya bro???? thanks imormasinya

    • j4na mengatakan:

      CS1…. caranya cuma atu…. pasang seher GL-pro/max… atau mau lebi ekstrim ya tiger sekalian…..

      • serdadu FU Selatan mengatakan:

        jangan tanggung bro . . . . sekalian pake seher KIJANG KAPSUL + Inter Coller Mitsubishi. dijamin bakal jebol tuh mesin + dompet ente!!!!

  37. dady mengatakan:

    Cakep nih bahasannya……
    emang, tergantung aplikasinya juga, makanya ada light sport (CS, FU, CBR dll), ada Street Fighter (Tiger dll) dsb, karena itu masing2 mempunyai kelebihan tersendiri.
    Dan sangat wajar CS bisa ngalahin MX. Ane ada sonic 125 cc 2001 alhamdulillah masih nyentuh 140 kmpj, dan yang gw suka, speedonya gak terlalu ngawur, orang di vario jalan 110 kmpj, dispeedo gw baru 95 kmpj…
    Mudah2an kita semua selamat dijalan…..kenceng boleh yang penting safety ridingnya dipakai…

    keeping peace

  38. ery jogja bantul puny cb mengatakan:

    ahh,,,,,,,MX lagii,,,gnti tema napa siii,,,,
    Yaw da,,,sini MX nya aku jabanin pake honda CB aja gan Yoseph,,,
    gimana??blok kop ane standar,,rasio standar,,cuman gnti seher punya GL125 ama CDi grand,,,
    atow maw Smash ku aja??cuman gnti seher thunder ama Porting ex in,,yg pnting cc nya masih bsaran punya situ,,,,

    • serdadu FU Selatan mengatakan:

      Sip…. gw jg paling gatel ma MX.
      kl kres ama MX di jalanan bawaanya pingin nantangin mulu.
      tau dah . . . . . . . tangan ini rasanya geregetan ma MX.

  39. derry mengatakan:

    aku punya CS1. knpa gg pernah menang sma smash 110 drag dan FU 150?? pdhal vixion, tiger, megapro udh di kalahin??

  40. ryan bravo mengatakan:

    pade ngmongin ape sih?..mtor aje diributin..tinggal make se-enak2nye ente aje pade ribut ..ga usah cela2an..mnding kite bicara spesifikasi tekniknye aje, atau bcara soal kasus2 kruskan yg biasa dialami..gmana?..biar yg punya ilmu lebh bs mmbagi..

  41. hyper and fast mengatakan:

    hahaha agan2 lucu
    mending overbore vs overbore ; overstroke vs overstroke ….monggo
    overstroke vs overbore ??? wani piro ?

  42. tomy abimanyu mengatakan:

    mau tanya dong , bener gak sih kalo radiator cs1 mudah bocor

  43. Rizblack mengatakan:

    Klo menurut hsl pantau ane,suzuki emg kalah imej,dibanding yamaha&honda,mkanya selalu dbilang hrga jualnya jatoh,pdhal klo bicara teknologi suzuki selalu lebih maju d banding 2kompetitornya tdi,teknologi 4klep DOHC bru ada d bebek suzuki wlaupun basicnya dari suzuki fxr,tp emg faktanya suzuki hanya kalah imej,kalah pemasaran,tp teknologi selalu d depan,terbukti, d thun 2001 suzuki udh ngluarin bebek doble disc(satria 120),yg pada saat ini kompetitornya msh single disc untk mtor sport,yg harganya d ats 20jt,boleh d bilang pelit fitur,.btul?apa lagi klo bicara speed,dri mulai kelas bebek 2tak,apa ada kompetitor yg bisa ngasepin sang legendari 120R

  44. 'Dwi Jayanto WiBowo' mengatakan:

    motor ane cs1 gan, jujur 100% top speed cuma 120 kmph dah ga kuat naek ke tahan angin….hehe…ane beli 2nd soalnya … oia, kalo di kasi premium terus ngerusak ga ya? soalnya dari pertama beli ane kasih minumnya premium aja gan??

  45. danil03 mengatakan:

    ane punya zx130, tahun 2008
    udah gw oprek sendiri..
    Bore up piston kaze izumi os 150
    naikin kompresi papas head 0,8mm
    papas cam in ex 0,8mm
    karbu vm 26
    kopling manual
    knalpot standar, cuma gedein leher nya aja 1mm
    porting polish manifold
    cdi standar+booster made in dhewek..
    Koil blue thunder
    test speed 148,81 kpj pake speed gun vericom trek lurus 400m
    lokasi jl. Ir. Sutami tj. Bintang lampung selatan

    kalo yang ga percaya monggo gogling.. Top speed zx130.. Tembus 165 kpj
    di youtube juga ada..
    Peace
    Danil03
    ZRC chapter lampung

  46. afi33k mengatakan:

    CS sy th 08 n udah 30rb km.. top speed cm 109 jln datar apa karena dah cape ya g bs 120km/jam??? oli tadinya pake prima xp topspeed 104 trus d ganti ahm yg sae 10-30 bs naek tp cm 5km/jam..

    • j4na mengatakan:

      pasti jarang disevice ya bro…. mungkin udahb banyak part2 yang aus dan usianya udah ga layak, cek ke bengkel yang terpercaya…. mulai dari karburator,setelan klep, clearance seher, kompresi, kopling… pastikan kesemuanya itu udah sesuai dengan standar pabriknya… sebab STD CS1 lumayan bisa sampe 128kph…

  47. Ade Satriani Rifqi mengatakan:

    waduhh,,rame nh..saya trmasuk pecinta satria,,dari yg 2 tak mpe yg 4 tak..
    yang FU sya standar bgt bisa dibonceng mpe 135 kmpj ntu jg treknya dh abis dluan,,klo mx + cs pda minggir..cuman plg ragu lawan eangnya mx (rx-king),,sbnrnya mng mna gan ?

  48. D3De mengatakan:

    Gan…
    Aku Mau Beli Motor..
    But Bingung Mau MX Or Cs1
    Dua2 nya bagus..
    Tolong Sarannya iia…

  49. adly.losta mengatakan:

    ah,kon*** lo smua
    Ngadu aj dh sini ma mx gw
    Mw cs1,sonic,fu,cbr,ninja 250 jg w jabanin

    • jufrie sang raider Fu mengatakan:

      Kamu kan gak punya Kon*** H̲̣̣̣̥α̩̩̩̩̥ά̲̣̥:Dн̣̣̣̝̤̥̇̇̇̈̊α̣̣̥α̍̍̊α̇̇̇̊=Ḍ̥H̲̣̣̣̥̩̩̩̥ά̲̣̥α̩̩̩̥̇̇̇ά̲̣̥α̇̇̇=)) н̣̣̣̝̤̥̇̇̇̈̊α̣̣̥α̍̍̊α̇̇̇̊

  50. Mx rider mengatakan:

    Mx vs fu = fu
    Mx vs cs = mx
    Mx vs shogun sp = Mx
    Mx vs vixion = vixion
    Mx vs p 135 = mx
    Mx vs p 180 = mx
    Mx vs supra 125 = mx
    Mx vs sonic = sonic

    semua itu pada trek 1km.
    Top speed mx gw 133 km/jam pake speedo digital merek koso.

    • Rudy mengatakan:

      133kpj? ngimpi yeee hahahaha lawan shogun SP aja 11/12. memang FBY kalo fanatik merk jadi lupa logika.

      • Rider-MX DEPOK mengatakan:

        MX emang bisa tembus sampe 130 km/jam bro…..bahkan bisa lebih…..mungkin ente aja x yg g bisa bawanya,,,makannya ente g bsa sampe kecepatan lebih 130 km/jam…

      • jufrie sang raider Fu mengatakan:

        Pernah tess Mx mentok 115-120km/jam… Itu z susahhhh… Gak bsa naik lg… Kecuali turun tanjakann… Pernahh dapat 140,seremmm pokokx… Mx baru 125 tmbh 1speed dra yg lamaa… Fu ane akhir 2006 standar ting” cmn pke pertamax,pernah tembuss 148km/jam udah nunduk”soalx di kejar sma mobil patwal polisi… Wktu di hambur balapan liar,,, tp Bensinyaaa Borosss amattttt…. 1:28-34km… Untuing ketemuu 3 rombongan trekk kontainer,tp resikonyaaa Gedeee,yaitu kematiann,klo ampe jatuh pasti di lindess kontainer, alhmdlhh Loloss wktu nyalip.. Mobilx gak brani nyalippp…. Ni ceritak… Wktu jaman Nekat”… Oh yahh wktu itu trekk panjang 8km

  51. jofrin mengatakan:

    Yahhh…terlepas dari kencang mana…Honda Sonic masih merupakan pilihan terbaik…dari tahun 2002 sampe skrg belum byk yg ganti…kampas kopling aja baru ganti sekali…mesin tetep halus…ditambah ada parts substitusi dari CS1….mau test jalan ya jangan cuma jarak pendek2…sekalian jogja-semarang…itu lebih obyektif en sekalian lihat konsumsi BBM-nya

  52. fachry mengatakan:

    ane sekedar share aja…ane pny Yamaha Jupiter MX 2010 (bukan New MX)…alhamdulillah sekarang masih sehat2 aja! Dulu sebelum jadi 150cc topspeed mx ane 120kpj kurang dikit alias kagak genep,dgn penggunaan bbm pertamax,bb an 64kg…percaya g percaya ya memang segitu topspeed mx ane,120kpj kurang dikit…
    setelah ane pke blok 150cc+CDI pararel ma pnya Mio+per klep TK+noken vixion+Porting polish+karbu std (PJ naik step MJ turun 1step)+gear ratio 4 pke yg 21T+kampas kopling 5pcs+per kopling di ganjel ring 3pcs @per kopling+sproket gear 15-37….
    Hasilnya:
    Gigi1: 50kpj
    Gigi2: 95kpj
    Gigi3: 128kpj
    Gigi4: 143kpj…
    Versi spedo mx pastinya,coz disini agak pelosok tempatnya. Tes driveny nya aja di jalan lintas perkebunan sawit yg pastiny kagak semulus jalanan kota…
    Pernah sih w bawa mudik,tp ya tau sendiri klo mudik pan jalanan tambah rame,jdi g mungkin kan kebut2an….:D

    • Somi Aditya Saputra mengatakan:

      ada pa c ribut2 ne…skalian ah share shogun sp 125 gw…larinya mentok 145 kpj spek motor gw…piston diameter 54..paking ats di lepas…cdi pake cdi shogun kebo…kemarin balapan sama fu yang udh di tune up mesin nya…fu dibelakang gw 4-5 body la……heheheh

  53. Pabrik Tas mengatakan:

    terima kasih bli,,,, penserahannya,,,,, btw abis berapa ya kira2,,,,,

  54. ndudd mengatakan:

    halaah masih jaman yah ngebut2an naik motor , ane aja yg pake ZX130 selalu santai bawaannya
    yg di cari di motor itu nyamannya bukan ngebutnya :P haha

  55. sonix mengatakan:

    mending naik angkutan umum aja deh lu biar gak kebut kebutan di jalanan..:-)

  56. Yanu Saputra mengatakan:

    yg penting tuh motor bisa Kenceng (g malu2in),Irit,Nyaman d kendarai,asyik buat Touring..,ga capek buat jln jauh,kaya cesey gw… hehehehe…

  57. singo barong mengatakan:

    mx motor tangguh ane bw raja korex standar aja bs ngikutin ane, wah2 tarikan mang kalah ma raja, tp pas ane panteng kec 140kmj dia bs ikutin ane, tp 150kmj dia keteteran. Tp dah d korex jg kayaknya mx soalnya knalpotnya dah racing. Tp hebatlah bs 140kmj

    • Panggih mengatakan:

      Hey…..
      Zx jangan di remehkan
      punya saya standart tembus 140km/jm
      mx jauh dbelakang
      apa lg CS1 mtor aneh,gue udah ngopi di depan,dia msih ngos”an
      FU?
      Dtaruh bengbeng aja penyet
      CS1 klo musim ujan repot,g bsa buat msukin jas hujan
      mx….?
      Awal doank menang pas tarikan pertama

  58. azuma mengatakan:

    ngapain juga debat soal menang siapa, dan kalah siapa????????
    kurang kerjaan aja, ngedebatin soal menang kalah??????
    semua orang punya KEPALA jadi semua ORANG pny kesukaan dan pilihan sendiri2.
    yg SUKA DEBAT GA ADA GUNA GINI, KLIATAN BGT KLO BLUM DEWASA DALAM PEMIKIRAN.
    CARILAH HAL YANG LEBIH BERGUNA UNTUK DIPERDEBATKAN.

  59. Oncom mengatakan:

    wkwkwkwk…klo emang motor2nya udeh pd kenceng sini yu ama ZX-6R ane :D

  60. danang mengatakan:

    gan mntor gw shogun 110R 2003 sher udh thunder
    .tpi msih krang kncng
    .rncana mau gnti cdi brt ma noken as rancing
    .kira2 knceng gg ea ?
    .dan bisa jebol gg ?

    • fadli mengatakan:

      pake ini:
      “Pertama ganti CDI. Kedua ganti pilot jet dengan menaikan 2,5 menjadi ukuran 22,5, pilot jet bawaan MX ukuranya 20. Ketiga pastinya ganti knalpot freeflow” jelasnya.

      “Untuk CDI yang bagus bisa memakai merek BRT atau Rextor, tapi kalau buat harian enaknya pakai BRT. Sedangkan untuk kebut-kebutan biasanya saya pakai Rextor,”

      Nah… kalau buat pilot jet (spuyer) yang bagus buat rpm tinggi saya menyarankan merek Kitaco atau Daytona yang dibanderol Rp 30-35 ribu. Sedangkan BMS mematok harga CDI merek BRT Rp 350 ribu-1,1 juta, untuk CDI merek Rextor harganya Rp 550 ribu.

      Selamat mencoba!

  61. puguh mengatakan:

    udahlah bro,gak da untungnya kita ngotot zx bisa lari ampe 140-145 kpj.mereka juga gk kan percaya.biarkan mereka di atas angin,biar kan juga zx kita jadi low provile.zx 130 is the best. walaupun umurnya amp 7 th pun mesin tetep ok dan garang.zx 130,kenceng,stabil,irit (1liter bisa 60 km-pemakaian standart) ngebut 1 liter-45km,praktis (tnki di depan),valuenya lebih,daya angkutnya luar biasa……jas hujan,baju buat ganti 1 minggu,kotak perbekalan…..pa lagi ya????hehehehe….semuanya masuk ke bagasi.gak repot bawa tas hehehehehe……punggung juga gak pegel.bisa muat bonceng anak dan isteri karena jok yang luas,empuk dan panjang,pa lagi ya…….hehehehehe

  62. prius mengatakan:

    udah tes tuh cs 1 lawan rx king

    kan sama tuh cc nya
    kalo perlu king lawan satria f cc lebih besar f kan

  63. Alif viqe mengatakan:

    Asslkm . W pngn iktan ngbrolny ya.
    Gan w bru bli satria fu 2012. W tes buat jln 1klo kok msin cpt panas . Apa memang gt krjny. Tlong reply nya ya gan mksh wasslm

  64. risal mengatakan:

    aq punya shogun 125 NR tp z mau papas kem am mahnet.y blum tau berap hrus di kasi rincian papas.y………al.y z malu motor ku di kalah am shogun 110

  65. agus mengatakan:

    ass……… gan ane pingin nanya nih……. itupun klu bisa……….?????? ane lg nyoba seting motor 2tak (rx king) utk keperluan drag 201mtr kelas 150cc. tolong gan kasih panduan apa2x yg hrs dibuat…….???????????? (uda pk bearing type high speed, membran vforce, 3v3cms, pengapian msh std hy koilx sj pk yz125, rasio msh std, karbu msh std) gan…… kira2x headx potong brp mm, derajat squish brp, volume ruang bakarx brp, timingx brp (menggunakan pertamax brp dan bensol brp), tinggi exshaust sm transferx brp…… (klu bs di ks panduan) thank`s

  66. black mengatakan:

    ok..ok..jadi s0lusinya klau klep lebih bsar lebih ok dputaran atas?./

  67. JuraganNetral mengatakan:

    Kalo disuruh pilih sih jupi mx aja.. Maen dikota mah cukup 100an kpj.. Mx masih lincah.. Masih imbang ama cs1. Cs1 body depan aneh abis buset dah. Body tengah lumayun eh lumayann.. Blakangnya baguslah.. Kira2 kalo cs1 modif stang jepit bagus ga ya? Tentunya stang nya ga diatas juga,coz aneh bgt cs1.

  68. Frey mengatakan:

    Gw pk gl max standart thn 2004,gear belakang pk ukuran 38 velg 17 inci.tarikan emang lemot bgt,tp bgs buat trek panjang. percaya g percaya gw pernah nyalip vixion menang 2x(tp banyak kalah di tikungan),cz1 gw menang 1x(kalah tarikan awal),megapro gw menang 3x(kalah lari tp menang top speed),mx gw menang 8x(gw menang telak) ditrek lurus, cz gw sering bgt dpt tantangan wkt gw mudik, itupun gw jg sering mw dipukulin ma org2 itu cz kalah balapan,gw balapan trek panjang,tp wkt nyalipny lama bgt n harus bnr2 lurus(ga nanjak). motor gw kalah tarikan telak tp menang top speed. kl gw saranin, mending pake gear belakang yg aga panjang buat main speed, meski tarikan lemot itu udah resiko,tp soal top speed jgn dragukan lg.. o y,seumur hidup gw pk gl max g prnh bisa nyalib satria fu,meski trek lurus sekalipun

  69. firly pecinta drag mengatakan:

    emg ukuran klepnya sonic/cs1 in/out nya brapa?

    • Cysers31 mengatakan:

      in 28 mm
      out 24 mm
      klep CS1 & Sonic materialnya mirip, beda di desain batang klepnya yg deket ke payung klep
      utk urusan efisiensi volumetrik pembakaran bagusan klep CS1

  70. Carabaz mengatakan:

    Pengalaman gue. 2009 gue beli mx bru,ktmu fu djln thn sm2 2009 sm2 standart,dia boncengan,sdgkn gue ndrian brt bdan gue 60kg. Pas di trafic light gue panas2in mainin gas,dia kepancing. Putaran bwh gue mnang,pas nyampe 80kpj keatas fu ganti nyalip gue..dn strusnya dan strusnya..nyampe 120kpj gue sjajar ma fu,gue paksain dah gk mmpu mx gue.pdhl fu boncengan. Akhrnya fu smkin jauh ninggalin gue..gue rsa tu fu lari 125-128kpj dlm keadaan boncengan.mgkn ndrian bs 140-145kpj konds standrt. Gila deh FU..ksihan mx gue.
    Awal 2012 gue korek ringn mx gue,ringan bngt. CDI BRT powrmax,karbu pe28(jetingnya lupa),magnet papas 5mm,kampas kopling + pir koplg racing. Roda dpn-blkg drag style,gir blkang turun 2gigi. Hslnya putran bwh cpt gigi 1 ke 2 roda ngesot,gigi 2 ke 3 ngesot jg,mskpn gir blkg turun 2 gigi tp respon akselerasi sangat bgus coz magnet gue papas dn kopling set pake racng TDR. gigi 3 nyampe 120kpj. Oper ke gigi 4 respon perpindahan gigi msh bgus msh trasa loncatan power tp nambh speed dikt cm mentok di top speed 130kpj,dbnding standart krasa bngt bedanya dr sgi akselerasi,dn top speed naik dikit coz final gear turun 2gigi. Gue cukup puas dg hsl ni cz korekannya sangat ringan. Mskpn dmkian gue tetp yakin gk mgkn dgn kondsi spt ni bs ngalahin FU meskipn FU standart,mgkn mnang dputaran bwh tp slnjtnya klepek2. Salut dah buat FU. RESPECT FOR FU!!

  71. Carabaz mengatakan:

    Soal mx vs. cs1 gua dah prnh buktiin. Start di traffic light mx unggul,top speed sm2 120kpj gk kuat nambah,cs1 jg. Tp brhubung start berbarengan lampu ijo jd mnang mx coz torsi maximal dah bs diraih mx diputaran rpm rendah. Jika mx start dg cara nge-poor sktr 10m cs1 dipersilahkan trlbh dahulu mk dlm jrk sktr 600m ke2 motor akan sjajar pd kcepatan 120kpj,klopun mx mnang 1 roda sja mk strusnya gk ada prubhn,bgtu jg sbliknya klo cs1 mnang 1 roda sja mk strusnya jg bgtu coz top speed sm2 120kpj.
    Track yg gue pilih yaitu By-Pass Krian-Mojokerto (jatim).

  72. sal mengatakan:

    jangan fanatik gan ama motor (bwt yosep)..
    namanya juga orang jualan..
    pasti pabrikan bilang produknya paling bagus.
    liat spek j dah bisa mikir.
    FU= DOHC sementara MX=SOHC
    dah gitu klep FU 22/19 mx 19/17
    kan ga masuk akal mx bisa ngalahin FU..
    apalagi kapasias mesin juga beda..
    bagi ane c jangan angkuh..
    liat sikon..

    trus di atas ada yang bilang panjang trac 700m atau lebih (kira2 gitu la)
    agak kliru ane denger..
    kalo mau adu motor, diliat mau pake track brapa meter..
    motor yang dah d seting pendek kecil kemungkinan buat menang d trak panjang..
    nih juga sama aja ama yosep..

    intinya liat regulasi..
    kalo balapan liar itu istilahnya “lo brani apa ga ama motor w”..
    kalo brani jalankan.
    ga tau deh lawannya make apa..
    taunya kalah aja..
    gitu bro..

    trus kembali k yang tadi yang ane bilang jangan angkuh.
    ane juga pernah liat FU d bantai MX.
    tapi ya itu tadi regulasinya seperti apa..
    mana tau MXnya ga standar lagi sedangkan FUnya kaya baru lahir..

    klo masih angkuh juga kenapa ga di aduin aja ama moto GP..

    piss gan..
    ane hanya mencoba meluruskan.. kalo ane masih kurang lurus tolong diluruskan lagi..
    wss.
    .
    (F-tech Auto Tune)

  73. ANU mengatakan:

    SOHC 2klep 223cc Scorpio Z
    dengan
    DOHC 4klep 150cc NEW CBR 150R

    masih bisa disandingkan gak ya ?
    CBR kan full racing specification..
    live to race…

  74. Purnama Hadipraja mengatakan:

    CC tidak akan berbohong. Klo Limiter RPM yang ada di CDI disamakan, misalkan limiter mx dari 9000 rpm dirubah ke 11000 rpm memakai cdi jupiter z, end power and top speednya akan jauh berbeda.
    Januari 2012, saya memilih mx karena potensi di atas, di tambah upgrade mesin yang lebih murah di banding cs-1 and fu. udah di coba (CDI jupiter z) ngelawan fu punya temen (masih stock) bisa meninggalkan jauh dari gigi 1-2-3. di gigi 4-5 fu sudah mulai mendekat sampe finish di 300 mter berbeda sekitar 20 meter dengan fu. klo jarak nya lebih jauh lagi, fu pasti menyusul, untungnya hanya 300 mter.

    SCorpio vs Honda CBR?
    untuk dohc vs sohc kita lihat avanza dohc vs honda jazz sohc, sama-sama 1500 cc. power unggul honda jazz. tergantung dari pembakarannya. klo Scorpio cdinya dilimit meski cc lebih besar, akan kalah dengan CBR 150.

  75. belagu lu pada mengatakan:

    aduh motor bebek aja diributin, menang ini lah menang itu lah, motor bebek itu pantesnya ya bwt ke pasar, anter ank sekolah, jalan ke mol.
    Kalo mau balapan ya minimal pake sport fairing ex. Ninja rr, cbr 150, fxr dkk.
    Kalo kurang kenceng ya sekalian pake mbahnya ninja (zx10r), mbahnya cbr (fireblade 1000rr), mbahnya vixion (yzf r1), atau mbahnya fxr (gixxer 1000) trus sana ikutan WSBK.

    Gitu aja ko repot

  76. Deby mengatakan:

    Kwan2..d atas sudah d kasih tau..spek motor Standar nya..antara SOHC dan DOHC..tergantung kapasitas mesin motornya

  77. C_Bawel The Geel mengatakan:

    gan salut juga liat klep cs1 28/24.bsa g ya d pasang di honda beat ane…malu gan di salip ama spin..emang sih cc bsar an spin…tapi kalo bisa di imbangin kn bangga juga gan..hehehe

  78. harviyantto@gmail.com mengatakan:

    coba ma sepeda ane..
    Cuman CB kok gan..

  79. Popo mengatakan:

    Sekedar pengalaman pribadi ya bro 3 th yg lalu wktu ane pake supri x 125(karbu), tu supri ane pake buat prjlanan solo-jombang, larinya ane buat nyantae, pas di jalan antar kota ngawi-kertosono dikagetin ama jupi MX sma megi dr blkang, asembb kaget bro!! Tu rider kyaknya lg adu knceng soalnya ampe nunduk2. Terus jd kpngen jg ngepuntir gas, soalnya pngen ngetes ni supri..hehe(maklum msh sndart toko).
    Trnyta si supri bsa jg lho ngekor di blkang megi ama jupi Mx. Cuman yg jd mlsah mtor ane ngk ada kopling manual bro, jd stiap ngerem dan wktu mau narik gas lg jd ktingglan. Tp klo uda lrus ngk ngerem bsa kok sejajar ama jupi. Prtma cuma sjajar bro tp bsa jg ngasepin, yg ane ngk abis pkir supri ane yg notabene cuma 124 cc stndart toko bsa overtake megi yg 159 cc. Jujur bro ane ka gak bo’ong, ane ka gak tau spedo ane nunjukin angka berapa soalny konsentrasi tertuju ke depan bro(maklum dr dpan bnyak bus+truk)hehehe.
    Emang sih pnglman ane ngk bsa jd patokan, smua fktor bsa brpngaruh.

  80. ade mengatakan:

    FU vs MX..?????? Beda kubikasi mesin tuh… 150 vs 135 cc.
    Biar adil…. :
    FU vs MX blok vixion…. hehehehe..
    Lha CBR 150 fi aja dilibas abis sama MXion je…

  81. haghe mengatakan:

    Pengalaman dulu pake MX 2005 otomatis cluth..oli dari baru langsung ganti ke type syntetis yg mahal, ganti gir kombinasi 13-36..pake harian dalam kota jarang pake gigi 4 mentok gigi 3 terus dah dapet 120..trus sy coba touring ke lampung yg banyak tanjakan enak stop n go nyalip cuma turun gigi 3-2 top speed dapet 135..+ nya nyaman walau bebek gk pegel shock depan belakang empuk, gk perlu ngopling waktu jalan macet tapi tenaga bejaban motor laki, bisa naro ransel di depan jok, tapi ada – nya..klu ujan dari belakang sampe nyiprat ke helem..oh iya waktu inreyen baru’y gas di panjang”in tiap gigi’y

  82. yumi mengatakan:

    bs g blok cs1,diterapin ke supra 125??lw bs,gmana caranya?

  83. Aconk Si Bolang YVCI mengatakan:

    Boleh tuh dicoba ma Vixi ane, pngen tau bisa ngak si FU,CBR and New CBR ngasapin Vixi ane??cz Lawan ideal Vixi ane Ninja KRR 150

  84. nouvo mengatakan:

    betul kata agan purnama cc ga bakal bohong,nouvo ane ja gan tampilan jadul tapi sering ngasepin motor2 dohc,hehehe,
    karena spek diatas cbr+fu

  85. mas Wahyu mengatakan:

    hemm.. pada ribut adu cepet2 an ( pada ngeklaim sendiri2).. ini era modern… yg dicari skrg: cepet tp irit BBM.
    harusnya dbikin index..:
    misal.. adu balap, panjang track 15km, jatah bensin max 0.25 L (1/4 L), n waktu tempuh harus < 2menit ( 120 s),, gmn?
    ini ide dari sy ( Wahyu wong ndeso ) nanti tak bikin indexnya ( ada nilai plus kalo bs kurang dari 120 detik, atau bensin msh sisa atw nti pke index yg lbih tinggi). hehehe… setujuh ga para brader semua?? itu baru yg namanya motor wah.. alias cepet tp efisien.

  86. honda pgm mengatakan:

    new mx klah di CDI nya yg mentok pdhal tenaganya msih bnyak…
    tp klaw cs1 dah pas CDI nya….
    tp klaw buat road race cs1 gag pernah menang…..
    udah bnyak buktinya…
    new mx cocok di bndingkan dg fu klaw cs 1 msih dbwah ….
    lagian cs 1 adek ane dah sering d adu ma new mx standard…msih tnggal cs ane…

  87. kompi 11 mengatakan:

    cs 1 bgus kate nya dan kencang {semuanya bohong)
    pdhal krna gag laku_laku…. bukannya banggain mx sih tp penglman ane d jlan road race jarang bgt cs 1 menang …
    lebih sering mx , fu ja di kentutin…..
    gag bsa di dustai lg….knyataan di blpan road race…

  88. setting mengatakan:

    ktanya cs1 produk gagal y ?????????????

  89. ipanase mengatakan:

    ajib, sayang ndak tembus indoprix 150 besok

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s