Di tulisan sebelumnya SLR menulis tentang power dari R250 yang kemungkinan hanya 22rwHp, dan 22rwHp itu bukan miliknya R15. Kali ini SLR akan membahas pakem-pakem baru mengenai pembagian power dari kelas sport paling tinggi kastanya di jagat permotoran indonesia yaitu kelas Sport 250cc sekaligus kelas menengah yang terlaris Sport 150cc. Di kelas 250cc ada CBR250R, megelli 250 series dan Ninja 250R, berikutnya di 150cc ada CBR150, Vixion, FXR150,R15 dan satria FU (SLR sengaja masukin FU dikarenakan kap. mesinnya 150cc  dan  juga bermesin layaknya motor sport).

Let’s dibahas sekarang…..!!! Sport 250cc sendiri SLR bagi menjadi 3 kelas, yaitu kelas powerful,performance-sport dan kelas ekonomis. Berawal dari dekade 80’an muncul Sport dengan performa yang begitu gila dan spek mesinnya juga yang super-super gila, bersilinder 4 plus sistem chamshaftnya DOHC, sebagai contohnya CBR250RR,FZ250 dan masih banyak lagi…. pakem powernya pun ada dikisaran yang sangat tinggi, yaitu 45hp/43rwHp. Berikutnya Ada kelas yang lebih ekonomis lagi(performance-sport) dari 4 silinder, yaitu datang dari Kawasaki dengan 2 silinder paralelnya dengan pakem power kisaran 31hp/25rwHp. Dan yang terakhir datang di tahun 2009 sampai sekarang(ekonomis sport), dengan jumlah silindernya yang hanya satu saja demi mengejar keekonomisan dari segi bahan bakar dan perwatan, sebagai konsekuensinya sudah jelas power harus dipertaruhkan, dengan pakem power dikisaran 26hp/22rwHp. Power 26hp/22rwHp inilah yang memicu SLR yakin akan isu R15 yang dikatakan berpower 22… entah itu di crankshaft atau On the wheel itu tidak benar dan itu miliknya R250…!!

Goyip mengatakan:
Juni 29, 2011 pukul 7:47 pm (Sunting)

FXR standar karbu katanya 21HP(kalo injeksi mungkin naik kan), Cbr standar 19.5HP(dengan desain cam baru)CBR lawas Repsol edition juga isunya 21 HP, jadi 22HP bukan enngak mungkin kan gan???

Bicara tentang R15 sudah tentu kita akan terbawa ke pakem Sport 150cc yang lainnya, di tulisan SLR sebelumnya ada komentator yang bilang mencapai 22hp untuk sport 150cc itu sangat mungkin, menurut SLR itu sangat mustahil… Walaupun katanya FXR150 berpower 21hp…!!! jika di kross cek 21hp itu ternyata bukanlah power hasil di roda belakang, tapi di crankshaft… kemungkinan power hasil test di roda belakangnya hanya dikisaran 17rwHp’an. Begitu juga dengan sport 150cc lainnya, setelah di lakukan test diatas mesin dyno torehan powernya berada dikisaran 15rwHp dan CBR sendiri ada dikisaran 16rwHp….!!! Mungkinkah mesin 150cc bisa berpower diatas 20rwHp…. bisa…. lagi-lagi salah satu komentator di tulisan SLR yang sebelumnya menjawab:

smartf41z mengatakan:
Juni 30, 2011 pukul 9:10 am (Sunting)

kalo 150cc tenaga segitu pasti partsnya membawa bebean lebih, konsekwensinya keawetan diragukan. kalo 250cc sangat..sangat mungkin

Ya…. Sudah jelaslah… seandainya sport 150cc yang bisa berpower diatas 22rwHp itu akan keawetannya tidak terjamin…. apalagi harga motornya dibikin terjangkau…. so pasti akan tibul pertanyaan besar…

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

Satu tanggapan »

  1. NEW YZF R15 berkata:

    Yang Penting Barang2nya Nongol dulu,Bro!,
    Soal Power Di Bahas Nanti aja Bareng2,,,,,,,sekalian Tes Di Lapangan.
    Gmn?.
    Kapan tu NEW YZF R15/250 Nya keluar,,,,?.

  2. ricthofen berkata:

    mendingan ini daripada sayap sengkleh

  3. rahman gresik berkata:

    klo pngen kenceng emang gtu bro.
    krr150 ku aj garansinya cman 6 blan, mngkin karna Hp yg bsar (30Hp) pabrikan ga maw kasi gransi trlalu lama.

  4. kangmase berkata:

    kalo yang dipake moto3 itu, 250cc bisa 40an HP kan?

    • Rollerman berkata:

      yaaa karena partnya pke kelas WAHID bro,sperti titanium valve dll,jd dbejek hingga RPM tinggi pun oke2 aja

  5. stoner1 berkata:

    Mungkinkah mesin 150cc bisa berpower diatas 20rwHp…. bisa…. lagi-lagi salah satu komentator di tulisan SLR yang sebelumnya menjawab:

    smartf41z mengatakan:
    Juni 30, 2011 pukul 9:10 am (Sunting)

    kalo 150cc tenaga segitu pasti partsnya membawa bebean lebih, konsekwensinya keawetan diragukan. kalo 250cc sangat..sangat mungkin

    Ya…. Sudah jelaslah… seandainya sport 150cc yang bisa berpower diatas 22rwHp itu akan keawetannya tidak terjamin….

    nih 125 cc geol 20 hp…. ada superchargenya lagi… standar pabrikan lagiii…. skutik lagi!!!!!

    http://triatmono.wordpress.com/2009/07/20/skutik-peugeot-jetforce-cuma-125cc-tapi-pake-compressor-coooy/

  6. Hendri berkata:

    Tapi kalo part cbr 150 kuat kug mas bro untuk power gede. Punya saya yang 28.5 rwhp ga masalah. Dah di pakai 8000rb km dan sedang di tes terus daya tahan nya.

    • j4na berkata:

      waaaah mantaap tuuuh…..

      • Goyip berkata:

        Rubahannya apa aja gan???sebenernya port & polish juga signifikan untuk naikin HP apa trus part2nya pada Mrotol…kayaknya enggak juga kan, momen puntir sih menurut gw enaknya ngukur di crank shaft…jadi bener bener bisa tau tenaga asli motor yg dihasilkan dari offset piston…taruhlah 16rwhp on wheel+remapping+port & polish+high lift cam, 20rwhp masak iya nggak ditangan kok 20 kan harusnya 22…tinggal beli kuda sumbawa 2 ekor…iketin deh di motor pas 22hp…masih kurang…pada tau nggak kalo ntar R15 dah pasang turbo charged??? belum tau kan…karna semua ubahan tadi standar adanya kalo pabrikan mau aja…tapi ya mahaalll…sekitar 33.9jt laghhh…harganya.

  7. Hendri berkata:

    Buanyak rubahan nya. . 🙂

    Bore up 171 cc, big valve, cam LHK custom, karbu 33mm, cdi dan koil racing, port and polish.

Tinggalkan komentar