Pas sante-sante riding sepulang dari Agent melewati jalanan Kota denpasar yang pada waktu sore nggak begitu macet, kejadian yang mengejutkan terjadi motor tunggangan SLR si Mimin Biru. Ngeeeeng…. masuk gigi.. ces… jledug…. Loooh kok masuk gigi motornya loncat-loncat. Baru ditarik-tarik… Yaaaah… tali koplingnya ternyata putuuus. Wadoooh…. padahal perjalanan masih jauh dan juga hari sudah menunjukkan jam 6 sore, mana ada bengkel yang buka.
Terpaksa jalan singkatpun dilakuin byar nyampe rumah, riding kayak motoGp… he he he… MotoGp waktu trek lurus kan ga pake narik tuas kopling, jadi just masuk gigi. Disinilah SLR mau berbagi pengalaman bagaimana riding kala darurat tanfa mengoperasikan kopling, kala masuk gigi sendiri usahakan jaga bukaan gas. Diusahakan saat perpindahan gigi gas ditutup dan diputar secara berlahan supaya motornya ga ajrut2an. Kemudian di saat oper gigi ke gigi yang lebih rendah usahakan turunkan speed agar Rpm juga mau turun..trus tahan gas agar tidak begitu drop keras, pencet tuas persneng. Nah yang paling gawat tuh kala menjumpai lampu merah… sudah pasti terpaksa berhentikan..!!! Usahakan Netralkan gigi kala motor masih melaju lalu berhenti, dan ketika akan mulai berjalan kembali… Dorong dulu motor sampai 5-10kph, jaga Rpm agar tidak terlalu tinggi atau rendah dan kemudian masukkan gigi satu…dua … seterusnya.
Semuga pengalaman SLR ini berguna bagi braders semua pada khususnya bagi rider yang motornya memakai kopling manual, dan semoga saja braders tidak mengalami ini juga kala riding.
Hore..
nice tips bli..
nitip bli..
mohon dukungannya siapa tau ada yg punya akses untuk memberikan masukan, namun jika yg saya tulis ada kesalahan, mohon dikoreksi
tapi prakteknya susah
pernah ngalami, vespa lagi
Susah bro . . . mendingan angkut motornya pake mobil bak.
wah kasihan mesinya dong mas
ada kelemahannya gak?
so pastilah bro….. kasian komponen mesinnya….
bola-bali nunggang win, paling jengkel nek ketemu angkot ngetem ./ berhenti mendadak
Wah bahaya bli, kalo tiba2 mesin mati, bisa diseruduk kendaraan di belakang
dorong aja deh
http://extraordinaryperson.wordpress.com/
Mantap tenan…Nice Info Bro
asal ga tiap hari aja
dorong 5-10 kph… kalo tanjakan gimana bli? puter balik dulu?
ini mah tergantung oom..
kalo mesinnya udah pake wet clutch sih okay… bangsa vixion juga udah.. :p
tapi kalo dry clutch, ampe botak juga bakalan ribet bikin kaya gitu, soalnya clutchless shifting itu ga bisa di semua karakter mesin motor CMIIW
motogp dry clutch. ducati dry clutch. dan semuanya bisa clutchless shifting. malah ada diajarin di youtube.
intinya, komponen mesin sekarang lebih bagus sehingga tahan dipake clutchless shifting.
sudah pernah, kala itu pake yamaha l2 super hehehe
thanks infonya masbro
kalo pas jalan gue juga sering oper gigi gak pencet tuas kopling
emang c ada kurang enak tapi gak begitu bersa
tapi kalu oper ke gigi rndah kurng enk jadi jarng opr k gigi rndah tnpa pncet kopling
untung ga pake kabel kopling
yang paling syusehh , ketemu masalah beginian pada motor sport ber torque badak dan ber bobot ! #lirik thunder 250 coba mas bro bakalan lonjak2 tuh shifting netral ke gear 1-2
#1 lagi bener kata pakde #vespa syuseh kalo putus
Pernah pengalaman wkt pake megapro tali kopling putus, akhirnya cari tali plastik buat gantiin tali kopling sementara.
Make Megelli yah bli? gw jg sering tuh ngerasain koplingnya bermasalah(slip), terutama klo lg macet dan motor uda agak panas.. Untungnya ga pernah ampe putus di jln. Tp dulu make thunder 250 sama aja masalahnya. Ada faktor dari cocok2an oli jg kali yah..??
Salam kenal bli..
salam knal jga bro…. oooh bukan, saya pengguna mimin 150cc yang lama…….
nice experience bro….
“MotoGp waktu trek lurus kan ga pake narik tuas kopling, jadi just masuk gigi.”
itu mksudnya gmn bro? kalo mau oper gigi ke lebig tinggi ngga pake tarik tuas kopling gt maksutnya?
emang bisa ya?? ngga nyendat?? (ane nyubi masalah motor hhe ^^)
Klo New Mx dgituin ngaruh parah gak?