RC-series dengan transmisi matic

kali ini pembahasannya jauh menyimpang, yang biasanya membahas motor balap jalan rayanya honda dengan kode RC, sekarang persi dirtbike’nya namun masih dengan pengkodean nama RC, yaitu RC250MA. jika di generasi mesin RC-series jalanan memakai gigi persneling lebih dari 6 bahkan bisa mencapai 14 gigi persneling, maka beda dengan motor ini yang tidak lagi memakai gigi persneling dan juga bukan sistem matic kebanyakan sekarang yang terkenal, semisalnya Vario… bukan….!!

sistem matic canggih honda, layaknya gigi manual

kalau di maticnya honda jaman sekarang disebut dengan CVT(pemakaian sabuk/V-belt). beda dengan yang dipakai pada honda RC250MA ini, dinamakan “HFT” (Human Fitting Transmission). yang dahulunya disebut juga dengan HMT (hydraulic mechanical transmission) menggunakan bantuan hydrolik untuk memindahkan daya motor dari mesin ke roda belakang sesuai dengan respon si pengendara. pada sistem HFT ini menggunakan tekanan kerja hidrolik yang sangat tinggi mencapai 80MPa dalam pemindahan gigi. Sistem ini sendiri dikontrol oleh sistem elektronik canggih.  Bisa dibilang sistem matiknya ini mirip seperti persneling otomatis pada mobil-mobil jaman sekarang.

lihat starternya, dikanan depan

RC250MA tidak bisa dianggap remeh dengan sistem maticnya, dibuktikan dengan menguasai semua podium motocross saat tahun 1991 di jepang, yang merupakan tahun keduanya sejak pertamakali diturunkan. pembalap yang menunggangi motor ini pada saat itu  adalah Takayuki Miyauchi dengan nomer 4’nya.

nenek moyangnya transmisi HMT

berikut spek motornya:

Type of engine Liquid-Cooled 2-st. Single Piston Reed Valve Chain Train
Engine displacement 249cm3
Maximum power 51PS / 8,250rpm
Maximum torque 4.47kgm / 8,000rpm
Dry weight 101.8kg
Transmission Human-Friendly Transmission Automatic
Suspension (Front) Telescopic
Suspension (Rear) Pro-Link, Swing Arm

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

Satu tanggapan »

  1. bonk berkata:

    masbro mang jana hahahha…
    kapan nieh turun topik tentang energi save kyk mesin hidrogen,, euro 1,2,3,4,5 hahhahaha

  2. sekarang teknologinya dah ga di adopsi ya bro?

  3. Otomotif Plus berkata:

    wah keren bro…..

  4. Setiawan berkata:

    Mangstap bahasan mesinnya… 🙂

  5. mujionowisnu berkata:

    iki apa maning?

  6. haiqal berkata:

    anjrit. Mantap powernya

  7. Aris othonx berkata:

    Transmisinya dibahas dong….jgn cuma dipajang..bkin penasaran bro..

  8. azizyhoree berkata:

    ini kalo jaman sekarang mirip Honda Stream triptonic ya? 😎

    nitip bli:

    mengapa clearence out valve harus lebih renggang? (setting valve 4T)

  9. raya berkata:

    starternya dipancal ke depan?

  10. supergleweh berkata:

    apa teknologinya sama dengan cbx series yg pake hondamatic

Tinggalkan Balasan ke Otomotif Plus Batalkan balasan