kali ini pembahasannya jauh menyimpang, yang biasanya membahas motor balap jalan rayanya honda dengan kode RC, sekarang persi dirtbike’nya namun masih dengan pengkodean nama RC, yaitu RC250MA. jika di generasi mesin RC-series jalanan memakai gigi persneling lebih dari 6 bahkan bisa mencapai 14 gigi persneling, maka beda dengan motor ini yang tidak lagi memakai gigi persneling dan juga bukan sistem matic kebanyakan sekarang yang terkenal, semisalnya Vario… bukan….!!
kalau di maticnya honda jaman sekarang disebut dengan CVT(pemakaian sabuk/V-belt). beda dengan yang dipakai pada honda RC250MA ini, dinamakan “HFT” (Human Fitting Transmission). yang dahulunya disebut juga dengan HMT (hydraulic mechanical transmission) menggunakan bantuan hydrolik untuk memindahkan daya motor dari mesin ke roda belakang sesuai dengan respon si pengendara. pada sistem HFT ini menggunakan tekanan kerja hidrolik yang sangat tinggi mencapai 80MPa dalam pemindahan gigi. Sistem ini sendiri dikontrol oleh sistem elektronik canggih. Bisa dibilang sistem matiknya ini mirip seperti persneling otomatis pada mobil-mobil jaman sekarang.
RC250MA tidak bisa dianggap remeh dengan sistem maticnya, dibuktikan dengan menguasai semua podium motocross saat tahun 1991 di jepang, yang merupakan tahun keduanya sejak pertamakali diturunkan. pembalap yang menunggangi motor ini pada saat itu adalah Takayuki Miyauchi dengan nomer 4’nya.
berikut spek motornya:
Type of engine | Liquid-Cooled 2-st. Single Piston Reed Valve Chain Train |
---|---|
Engine displacement | 249cm3 |
Maximum power | 51PS / 8,250rpm |
Maximum torque | 4.47kgm / 8,000rpm |
Dry weight | 101.8kg |
Transmission | Human-Friendly Transmission Automatic |
Suspension (Front) | Telescopic |
Suspension (Rear) | Pro-Link, Swing Arm |
masbro mang jana hahahha…
kapan nieh turun topik tentang energi save kyk mesin hidrogen,, euro 1,2,3,4,5 hahhahaha
ha ha ha… next time lah…
kok ga pernah kluar bro….
ntar malm mau tour kluar….
masi ujian broo…
minggu dpan kyknya bru pulang,,, hehehehe,, kpan” ikutan tour dunk,,,,,,
safety riding … musim ujan skrang bro,,
musi ujan yang penting ingat pake jaket ujan ja…. keep u’r healty
sekarang teknologinya dah ga di adopsi ya bro?
ada bro di sport maticnya honda, honda DN01…. dan juga VTR1200
wah keren bro…..
Mangstap bahasan mesinnya… 🙂
iki apa maning?
wuuihh 2stroke
anjrit. Mantap powernya
Absen
Transmisinya dibahas dong….jgn cuma dipajang..bkin penasaran bro..
ya mas….. 🙂
http://2brk.wordpress.com/2011/01/15/james-bons-siapkan-tukang-pijit-tuk-rider-tua-yang-lembur-artikel/
ini kalo jaman sekarang mirip Honda Stream triptonic ya? 😎
nitip bli:
starternya dipancal ke depan?
apa teknologinya sama dengan cbx series yg pake hondamatic
sama persis mas… tapi dengan berbagai pengembangan, juga pada honda DN1