Jika beberapa minggu yang lalu SLR pernah membahas tentang mesin SOHC juga bisa bersaing dengan mesin DOHC, maka kali ini ada kaitannya tentang artikel tersebut. Pembahasan yang terdahulu murni tentang mesinnya saja atau kenapa SOHC bisa juga bertaji. Kali ini SLR akan bahas tentang motornya sendiri, motor apa saja Generasi SOHC yang terbilang sukses mengail power yang relatif meyakinkan.

akselerasinya gilaaaaaa

  • Kita mulai dari pabrikan sejuta umat dulu, ya siapa lagi selain Honda. Jika ditelusuri hanya tiga motor harian Honda yang terbilang sukses di sistem SOHC’nya, itupun bisa dibilang memiliki spek yang sama. Yang pertama Honda Sonic 125 dengan tampang ayam jago mirip seperti tampangnya Satria FU. Kedua yaitu hasil permakan Honda sonic yang bertampang ayam jago diubah menjadi berGen baru X-Over si CS1 dengan mesin 11/12 dengan sonic, menurut mekanic perbedaan kedua jenis mesin motor ini ada dalam material pembuatan. Yang ketiga datang dari kelas Sport saingannya R125, siapa lagi selain CBR125R. Dibekali dengan piranti injeksi motor ini terbilang sangat mudah di Mapping ECUnya oleh mekanik luar, tapi untuk pasar indonesia sendiri motor sport 125cc ini tidaklah dikeluarkan.

    akselerasinya gilaaaa....

  • Yamaha sendiri memiliki jajaran SOHC yang terbilang hi-tech dibandingkan pabrikan-pabrikan yang lainnya, dengan 4klep plus roller rocker-arm. Jajarannya pun terbilang banyak mulai dari yang beredar diindonesia, sampai diluar sana, seperti Jupiter-MX, Vixion, R15, dan R125. Itu dari SOHC dengan 4 klep,dengan SOHC 2klepnya yamaha juga ada yang powerful siapa lagi selain si kalajengking Scorpio 225Z. Bahkan dari beberapa sesi test Scorpio(tune ringan) dapat mengalahkan Ninja STD dalam segi akselerasi.
  • Suzuki, jagoan berlambang S ini terbilang hampir tidak ada yang terkenal dengan mesin SOHCnya, dari segi bebek pun terbilang standar saja, walaupun Suzuki Shogun terbilang merajai di arena balapan di tahun 90’an akhir sampai awal-awal 2000’an, namun tidaklah bisa dimasukkan motor kencang jika dilihat dari power STDnya. Namun ada satu jagoan Suzuki yang layak dimasukkan SOHC kencang, yaitu Suzuki Thunder 250, bahkan ada beberapa Thunder 250 yang pernah menyandingi Ninja 250R di sentul dengan berhasil meraih posisi 5 dalam FFA250.
  • Bajaj, jagoan india yang terkenal dengan motor laki ini menurut SLR yang layak mengeyam SOHC kencang hanya 2 saja, yaitu Pulsar 135 DTSi dan Pulsar 220 DTSi. SLR hanya memasaukkan dua jagoan ini dikarenakan spek dan powernya. Pulsar 135 layak dibilang SOHC kencang dikarenakan spek mesinnya yang terbilang diatas rata-rata yaitu penerapan DTSi dan 4klep. Lain lagi dengan Pulsar 220 DTSi, SLR menilai dari power yang ditorehkan mengalahi power dari motor sekelas dengan kapasitas mesin yang mirip-mirip yaitu Scorpio.
  • TVS, masih dengan jagoan india. TVS yang terkenal dengan akselerasi dan power bawahnya yang badak memang layak salah satu motor sportnya menyandang SOHC kencang, yaitu TVS Apache RTR160. Motor 160cc ini digadang-gadang memiliki akselerasi yang terbilang lebih baik dibanding rival-rival dikelasnya, bahkan disuatu test tabloid otomotif akselerasi RTR 160 dapat menyaingi akselerasi motor 200cc lawan.
  • Minerva Megelli 250RE/RV, walaupun dalam di sesi test dan balapan megelli terbaru ini pernah mengalami ngowos, namun dari segi torehan power untuk motor berspek mirip yaitu single silinder terbilang unggul dengan SOHC 4 klepnya, apalagi dalam sesi dynotest yang dilakukan media luar power megelli lebih unggul sedikit. Begitu juga dengan power to weightnya terbilang unggul.

    baru datang sudah menggetarkan dengan powernya..... tapi PWRnya bro...

Mungkin pembahasan SLR tidaklah lengkap dan ada yang tidak sesuai, mohon kritikan dan tambahannya untuk melengkapi artikel ini. “kawasaki tidak memiliki SOHC yang terbilang kencang”

Iklan

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

18 responses »

  1. Abu Tanisha berkata:

    pertamax

  2. bennythegreat berkata:

    hihihi..kawoskaki gak punya SOHC….kecuali di bebex-bebexnya…

    *sambil nyari rante keteng ninja 150RR*

  3. minervaRider berkata:

    NB: megelli RV telah mengungguli Cibi250R walau sdikit d topspeed, n cm trtinggal sdikit dr Ninin250

  4. supranatural berkata:

    minerva oke
    montir minerva mode : on

  5. lovemybike berkata:

    megelli gen 2 kenceng banget lowh bro, tuning karbu ama ganti koil aja, scorpio korekan ketinggalan jauh 😀

    titip artikel

    http://lovemybike.wordpress.com/2011/04/08/yamaha-mio-vs-honda-beat-0-80-kmjam-with-video/
    http://lovemybike.wordpress.com/2011/04/05/video-megelli-re-vs-yamaha-scorpio-402-m/

    n ada lagi nih video megelli yang speednya gila

  6. Stevan berkata:

    R125nya menggoda iman 😀

  7. dendy berkata:

    vfr 1200F tak di sebut ?
    padahal tenaganya setara ducati 1198 lo ?

    • j4na berkata:

      menurut SLR itu bukanlah SOHC murni, tapi gabungan dari DOHC dan SOHC… dengan nama baru UNICAM

      • Rollerman berkata:

        wew yg dbahas kan motor2 yg ada d Indonesia

        kalo dluar negeri sih ada bebrapa SOHC yg lumayan juga,sperti Veradero 125,Vtwin 125cc SOHC 4 klep over stroke

        power setara YZF R125

      • j4na berkata:

        makanya SLR tambahkan tulisan keterangan dibawahnya…..
        “Mungkin pembahasan SLR tidaklah lengkap dan ada yang tidak sesuai, mohon kritikan dan tambahannya untuk melengkapi artikel ini”
        😀

  8. dendy berkata:

    o gitu. Tapi kenapa di spec nya hanya tertulis SOHC ? Padahal Crf 250 dan 450 tertulis Unicam SOHC.
    @ Rollerman lah itu R125 memang produk lokal 😆

  9. Waahh mangtabz… MX dan Vixi ane termasuk dafta SOHC cepat jg. Hehe.. 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s