ga bisa beli seperti ini??? Bikin saja sendiri...

Mungkin sebagian mekanik yang terbiasa dengan motor bermesin tunggal bakalan kewalah bahkan kagok jika disuruh nyeting nyeting motor sport bermesin Twin macam jagoannya Kawasaki “Ninja 250R”. Masalahnya bukan dikarenak mekaniknya ga tau mesin, tapi mekaniknya mengalami kesusasahan ketika nyeting dua buah karbu’nya ninja 250R. Tidak seperti nyeting karburator motor bermesin tunggal yang tinggal langsung putar-putar skrup setelan angin atau langsam, akan tetapi dikarenakan Ninja bermesin multi silinder membutuhkan kepresisian yang seimbang antara karbunya. Karbu kiri dan kanan mesti sama kevacumannya, semisalnya Ninja 250R STD memiliki panjang leher senalpot yang berbeda antara kiri dan kanan tentu membutuhkan setelan angin yang berbeda.

Naaah untuk nyetingnya itu dibutuhkan yang namanya Manometer, dengan Manometer mekanik tidak lagi takut setingan antara karbu kiri dan kanan tidak sesuai setingannya. Akan tetapi tidak semua mekanik mampu membeli alat ini ataupun tidak tau dimana mesti belinya. Ga perli risau begitu… Manometer bisa dibuat sendiri kok… tapi tidak seakurat yang persi pabrikan dengan displai digitalnya. Manometer sederhana ini terbuat dari dua buah botol kecil dan dua buah selang transparan panjang masing-masing sekitar 1-2 meteran, lem silicon dan satu lagi selang transparan dengan panjang kira-kira 15 cm. Buatnya ga susah-susah kok, tinggal siapain perangkat yang SLR bilang tadi.

  • Dua botol diikat menjadi satu dengan kabelties, lalu lubangi dua buah disisi tutupnya dengan diameter lubang harus pas dengan diameter slang…. ingat diisi air dulu botolnya kira-kira setengah dari botol itu
  • koneksikan botol satu dengan yang kedua dengan selang yang panjangnya 15cm tadi, ingat masing-masing ujung selang harus menyentuh dasar botol.

    ini lubang sambungan manometernya di manifold

  • Berikutnya masukkan selang-selang yang panjangnya 1-2 meter tadi kemasing-msing lubang botol, ingat masukkan selang hanya sedikit saja atau sebatas leher botol. Dan yang terakhir lem di dekat lubang-lubang tadi dengan lem silicon, ingat jangan sampai ada celah yang memungkinkan bocor.

Sekarang tinggal tempelkan stiker putih ditengah-tengah kedua botol tadi, isikan sekalanya berupa garis-garis. Cara penerapannya sendiri tinggal masukkan ujung-ujung selang tadi ke masing-masing nipel di manifold motor. Lihat Video diatas untuk lebih jelasnya gimana cara penerapan ini dalam melakukan setingan. Selamat mencoba dan semoga ninja braders semakin kencang dijalanan.

Iklan

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

15 responses »

  1. Adit bukan Aidit berkata:

    pertamax..mantap mang jana..kreatif..

  2. j4na berkata:

    @all
    mantaaaap….

  3. Mantabzs bs nyeting sendiri nih tp akurat gak ya hasilnya . . . .

  4. martini berkata:

    lha ngene iki sing diarani joss…murah…meriah…kentjang………….

  5. j4na berkata:

    Murah namun ga ngecewain kok buat nyeting si ninin….. mantaaaap

  6. bramt berkata:

    bro jana sekarang pake ninja? minerva kemana bro?

  7. lekdjie berkata:

    Josh..

  8. Yarangga berkata:

    Bro Jana… ada ulasan atu Tips buat bikin Scorpio 2011 lebih kencang larinya gak?
    Kalo bisa biar lari 200km/jam Lah.. gak usah terlalu kenceng kaya MOTOGP, ntar jd simonyongmencelatnangkaLLi…
    selain pake CDI Racing kaya BRT, Koil, magnet, bensol, apa KLep nya di gedein or pake Head yg 4Klep(DOHC)?
    Tlg infonya ya… THX…

    • j4na berkata:

      pertama tuh harus siapin dana bro :mrgreen:
      Scorpio tuh basisnya udah kenceng, tinggal lakuin pembenahan saja…..
      Bagusnya tuning scorpio itu bertahap bro, mulai dari step yang terendah sampai yang tertinggi.
      Kopressi dinaikkan, noken-as diseting ulang… ntah itu durasinya atau liftnya, CDI BRT, Koil cukup STD,Karbu pake Mikuni Sudco 34mm, knalpot R9,Magnet di bubut, port diredesain…
      Step berikutnya ada yang lebih maut lagi… Bore up dengan mengganti seher STD dengan kepunyaan CBR250R “76mm”… mau lebih joss lagi… Stroke-up saja ampe 61mm….!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s