tampak mantap, walaupun diproduksi ditahun 1988-1994

Dari pada nungguin kedatangannya yamaha R4-250 cc yang kabarnya akan segeara dilaunching, namun tak karuan-karuan ujung kabarnya, Mendingan kita bahas Sport 250ccnya Yamaha yang telah keluar duluan. Yaitu FZR250 motorsport 250cc yang khusus hanya dipasarkan dijepang saja atau bisa disebut dengan JDM… japan domenstic marcket.

EXUP-teknologi katup kupu-kupu pada knalpot FZR

Berbekal teknologi yang mirip-mirip atau 11/12 dengan 3 lawan beratnya, Motor ini sangat siap bertarung dikelas 250cc saat itu. Walaupun teknologinya relatif sama dengan ripal-ripalnya, namun ada satu bagian yang bisa dibilang kearah maju, yaitu penempatan katup kupu-kupu pada bagian lubang knalpotnya. tujuan dari penempatan katup kupu-kupu ini adalah untuk menambah back fresure pada putaran bawah(lebih detilnya,SLR akan bahas ditulisan/artikel lain)

Sebagai catatan: motor ini dirilis pada tahun 1988 dan distop produksinya pada tahun 1994. dan taukah bro semua jika konsumsi BBM motor ini bisa dibilang sangat irit yaitu 48km/liter.

seandainya diproduksi yamaha dengan tampang yang sama ditahun sekarang ini... pasti dah... laris...

berikut speknya:

General information
Model: Yamaha FZR 250
Year: 1988
Category: Sport
Rating: 77.2 out of 100. Show full rating and compare with other bikes
Engine and transmission
Displacement: 250.00 ccm (15.26 cubic inches)
Engine type: In-line four, four-stroke
Power: 45.00 HP (32.8 kW)) @ 14500 RPM
Torque: 25.00 Nm (2.5 kgf-m or 18.4 ft.lbs) @ 11500 RPM
Top speed: 180.0 km/h (111.8 mph)
Max RPM: 17000
Compression: 12.0:1
Bore x stroke: 48.0 x 34.5 mm (1.9 x 1.4 inches)
Valves per cylinder: 4
Fuel system: Carburettor. MIKUNI BDS26
Fuel control: DOHC
Cooling system: Liquid
Gearbox: 6-speed
Transmission type,
final drive:
Chain
Clutch: Wet plate
Exhaust system: 4 in to 1 with EXUP valve
Chassis, suspension, brakes and wheels
Frame type: Steel
Rake (fork angle): 25.5°
Trail: 88 mm (3.5 inches)
Front tyre dimensions: 100/80-17 52H
Rear tyre dimensions: 120/80-17 61H
Front brakes: Single disc. 4-piston calipers
Front brakes diameter: 320 mm (12.6 inches)
Rear brakes: Single disc. 2-piston calipers
Rear brakes diameter: 210 mm (8.3 inches)
Physical measures and capacities
Dry weight: 141.0 kg (310.9 pounds)
Power/weight ratio: 0.3191 HP/kg
Seat height: 750 mm (29.5 inches) If adjustable, lowest setting.
Overall height: 1,120 mm (44.1 inches)
Overall length: 2,010 mm (79.1 inches)
Overall width: 680 mm (26.8 inches)
Ground clearance: 135 mm (5.3 inches)
Wheelbase: 1,375 mm (54.1 inches)
Fuel capacity: 12.00 litres (3.17 gallons)
Reserve fuel capacity: 2.00 litres (0.53 gallons)
Other specifications
Starter: Electric
Comments: Only released in Japan but used bikes were exported to many countries as ´grey import´

 

About j4na

visite my blog www.speedlover.tk

Satu tanggapan »

  1. jhond berkata:

    pertamax 8000

  2. azizyhoree berkata:

    milleage di ukur dari mana bro kok sangar gitu 48km/l ? :mrgreen:

  3. FZR250? pernah nyoba nih…
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    di game PS2 :mrgreen:

  4. speed driver berkata:

    yups… bisa jadi… setuju aja.. bila di keluarkan lagi.. dan mungkin harganya bisa di tekan lebih rendah… dan pastinya laris manis tanjung kimpul

  5. tafridefraaz berkata:

    Musti di bangkitkan lagi di indonesia jd IDM indonesia domestic market :mrgreen:

  6. azizyhoree berkata:

    di produksi lagi aja donk, kalo irit bgt! pasti didukung tuh sama nanyak orang termasuk saya kalo 48km/l :mrgreen:

  7. sijidewe aka snalpot99 berkata:

    wuih 45 hp ck..ck

  8. agusto berkata:

    Bli, kalo diproduksi lagi namun bodinya tetap seperti itu mungkin saja awalnya akan laris (tergantung harga juga) tapi saya yakin pabrikan lain juga tidak akan tinggal diam ngeliat pasar yang laris mereka akan mengeluarkan spek yg bagus juga dan tentunya bodi yang sesuai selera jaman sekarang. Jadi kalo mau diproduksi mesin + rangka tetap tapi bodi diganti, sip deh…

  9. dany :) berkata:

    Padahal om haji yg ngtes mx aja cm 46km/l..hueran n kagum

  10. Briyan berkata:

    Izin baca mas Jana buat nambah pengetahuan. Makasih infonya.

  11. j4na berkata:

    SLR meminta maaf jika dalam tulisan ini,(sebelum diedit)terdapat bermacam kesalah yaitu terdapatnya spasi yang terlalu panjang, sehingga menggangu pembaca…

  12. wah lawan hornet 250 4 silider

  13. BN5274JC berkata:

    Bro,gbrnya edisi kbrpa?gak ssuai sma speknya kyknya..di spek front brake single disc,di gbr dual disc..edsi trkhir2 mgkn ya..

  14. herdisundawibawa berkata:

    Widiih…irit bener yak? Apa gara2 kupu2 nyah itu..

    • j4na berkata:

      kemungkinan besar mas, sebab exhaust valve disini pungsinya untuk ningkatin power di mid-range to under Rpm, jadi dengan sedikit betot gas langsung ngacir.
      katup ini juga menyebabkan back pressure pada gas buang, jadi tidak ada lagi istilah bahan-bakar terbuang percuma…

  15. Maskur berkata:

    mangstaBBBB!!!!!!!!!!1

  16. Ancok noken as berkata:

    motor ajib ne sayang udh alrmarhum beda ama tetangga sebelah 45hp di 20.000rpm …

  17. LIONSTAR berkata:

    Waduh ni motor yang paling cocok diproduksi lg..udah kenceng…hemat pula….
    Modelnya jg keren tuh yg paling bawah… Om.nya TZM ya..hehe

  18. dodon berkata:

    wooow 45 hp baru tau kalo yamaha bisa bikin motor powerful dan irit pula, padahal yamaha disini erat dengan kesan borooosss qiqiqiiii…

  19. gila_motor berkata:

    Mas kencengan mana Fzr ini atau cbr 250 pafa zaman yg sama…

    Kan powrer fzr250 @ 45dk 145000rpm , cbr 45dk @ 19000rpm …

    Mohon infonya

  20. arc berkata:

    hmm…. efek pabrik yamaha tutup di spanyol, pangsa terbesar di asia, dishare sama orang india dulu pasti… wakakaak… ditunggu bukti tag line nya.. yg lain semakin nyacah…. nda usah 4 silinder lah, 1 ato 2 aja tergantung GM YMKI mengingat yg beli lebih sedikit dari segmen laim… klo brojol ya siiiip….

  21. Ghost berkata:

    Ayo podo usol neng YMKI,

  22. Bad berkata:

    ternyata yamaha tidak punya nyali untuk bertarung di kelas 250 cc

Tinggalkan komentar