Dari pada nungguin kedatangannya yamaha R4-250 cc yang kabarnya akan segeara dilaunching, namun tak karuan-karuan ujung kabarnya, Mendingan kita bahas Sport 250ccnya Yamaha yang telah keluar duluan. Yaitu FZR250 motorsport 250cc yang khusus hanya dipasarkan dijepang saja atau bisa disebut dengan JDM… japan domenstic marcket.
Berbekal teknologi yang mirip-mirip atau 11/12 dengan 3 lawan beratnya, Motor ini sangat siap bertarung dikelas 250cc saat itu. Walaupun teknologinya relatif sama dengan ripal-ripalnya, namun ada satu bagian yang bisa dibilang kearah maju, yaitu penempatan katup kupu-kupu pada bagian lubang knalpotnya. tujuan dari penempatan katup kupu-kupu ini adalah untuk menambah back fresure pada putaran bawah(lebih detilnya,SLR akan bahas ditulisan/artikel lain)
Sebagai catatan: motor ini dirilis pada tahun 1988 dan distop produksinya pada tahun 1994. dan taukah bro semua jika konsumsi BBM motor ini bisa dibilang sangat irit yaitu 48km/liter.
berikut speknya:
General information | |
---|---|
Model: | Yamaha FZR 250 |
Year: | 1988 |
Category: | Sport |
Rating: | 77.2 out of 100. Show full rating and compare with other bikes |
Engine and transmission | |
Displacement: | 250.00 ccm (15.26 cubic inches) |
Engine type: | In-line four, four-stroke |
Power: | 45.00 HP (32.8 kW)) @ 14500 RPM |
Torque: | 25.00 Nm (2.5 kgf-m or 18.4 ft.lbs) @ 11500 RPM |
Top speed: | 180.0 km/h (111.8 mph) |
Max RPM: | 17000 |
Compression: | 12.0:1 |
Bore x stroke: | 48.0 x 34.5 mm (1.9 x 1.4 inches) |
Valves per cylinder: | 4 |
Fuel system: | Carburettor. MIKUNI BDS26 |
Fuel control: | DOHC |
Cooling system: | Liquid |
Gearbox: | 6-speed |
Transmission type, final drive: |
Chain |
Clutch: | Wet plate |
Exhaust system: | 4 in to 1 with EXUP valve |
Chassis, suspension, brakes and wheels | |
Frame type: | Steel |
Rake (fork angle): | 25.5° |
Trail: | 88 mm (3.5 inches) |
Front tyre dimensions: | 100/80-17 52H |
Rear tyre dimensions: | 120/80-17 61H |
Front brakes: | Single disc. 4-piston calipers |
Front brakes diameter: | 320 mm (12.6 inches) |
Rear brakes: | Single disc. 2-piston calipers |
Rear brakes diameter: | 210 mm (8.3 inches) |
Physical measures and capacities | |
Dry weight: | 141.0 kg (310.9 pounds) |
Power/weight ratio: | 0.3191 HP/kg |
Seat height: | 750 mm (29.5 inches) If adjustable, lowest setting. |
Overall height: | 1,120 mm (44.1 inches) |
Overall length: | 2,010 mm (79.1 inches) |
Overall width: | 680 mm (26.8 inches) |
Ground clearance: | 135 mm (5.3 inches) |
Wheelbase: | 1,375 mm (54.1 inches) |
Fuel capacity: | 12.00 litres (3.17 gallons) |
Reserve fuel capacity: | 2.00 litres (0.53 gallons) |
Other specifications | |
Starter: | Electric |
Comments: | Only released in Japan but used bikes were exported to many countries as ´grey import´ |
pertamax 8000
milleage di ukur dari mana bro kok sangar gitu 48km/l ?
mungin speed kontan bro di 100kph… ga percaya cobak dicek di wikipedia….
wah nggilani ya…
FZR250? pernah nyoba nih…
.
.
.
.
.
.
.
.
di game PS2
yups… bisa jadi… setuju aja.. bila di keluarkan lagi.. dan mungkin harganya bisa di tekan lebih rendah… dan pastinya laris manis tanjung kimpul
Musti di bangkitkan lagi di indonesia jd IDM indonesia domestic market
di produksi lagi aja donk, kalo irit bgt! pasti didukung tuh sama nanyak orang termasuk saya kalo 48km/l
wuih 45 hp ck..ck
Bli, kalo diproduksi lagi namun bodinya tetap seperti itu mungkin saja awalnya akan laris (tergantung harga juga) tapi saya yakin pabrikan lain juga tidak akan tinggal diam ngeliat pasar yang laris mereka akan mengeluarkan spek yg bagus juga dan tentunya bodi yang sesuai selera jaman sekarang. Jadi kalo mau diproduksi mesin + rangka tetap tapi bodi diganti, sip deh…
Padahal om haji yg ngtes mx aja cm 46km/l..hueran n kagum
variable pengetesannya beda bro…..
coba MX ditest dijalan luar kota yang sepi n speed dipanteng trus di 80kph… dijamin dah irit….
ada info lagi…. 48km/l itu digenerasi keduanya, digenerasi terakhirnya bahkan bisa sampai 50km/L dengan kecepatan konstan di 50kph
info lebih lanjut bisa klik di: http://www.fzr250.com/viewtopic.php?t=32
Begitu ya…oke deh,trma kasih atas infonya 🙂
Izin baca mas Jana buat nambah pengetahuan. Makasih infonya.
SLR meminta maaf jika dalam tulisan ini,(sebelum diedit)terdapat bermacam kesalah yaitu terdapatnya spasi yang terlalu panjang, sehingga menggangu pembaca…
wah lawan hornet 250 4 silider
kabar kabur dari penggali kubur
http://2brk.wordpress.com/2011/02/11/komprasi-p-220-vs-scorpio-225-kalau-digarap-serius-bisa-naikkan-pamor-keduanya/
Bro,gbrnya edisi kbrpa?gak ssuai sma speknya kyknya..di spek front brake single disc,di gbr dual disc..edsi trkhir2 mgkn ya..
ya bro…. gambar edisi 1994 terbaru, speknya edisi pertama
maaf jika terjadi kesalahan…..
Widiih…irit bener yak? Apa gara2 kupu2 nyah itu..
kemungkinan besar mas, sebab exhaust valve disini pungsinya untuk ningkatin power di mid-range to under Rpm, jadi dengan sedikit betot gas langsung ngacir.
katup ini juga menyebabkan back pressure pada gas buang, jadi tidak ada lagi istilah bahan-bakar terbuang percuma…
mangstaBBBB!!!!!!!!!!1
motor ajib ne sayang udh alrmarhum beda ama tetangga sebelah 45hp di 20.000rpm …
Waduh ni motor yang paling cocok diproduksi lg..udah kenceng…hemat pula….
Modelnya jg keren tuh yg paling bawah… Om.nya TZM ya..hehe
FZR250 bro…..
wooow 45 hp baru tau kalo yamaha bisa bikin motor powerful dan irit pula, padahal yamaha disini erat dengan kesan borooosss qiqiqiiii…
Mas kencengan mana Fzr ini atau cbr 250 pafa zaman yg sama…
Kan powrer fzr250 @ 45dk 145000rpm , cbr 45dk @ 19000rpm …
Mohon infonya
hmm…. efek pabrik yamaha tutup di spanyol, pangsa terbesar di asia, dishare sama orang india dulu pasti… wakakaak… ditunggu bukti tag line nya.. yg lain semakin nyacah…. nda usah 4 silinder lah, 1 ato 2 aja tergantung GM YMKI mengingat yg beli lebih sedikit dari segmen laim… klo brojol ya siiiip….
Ayo podo usol neng YMKI,
ternyata yamaha tidak punya nyali untuk bertarung di kelas 250 cc